Tips Memancing Ikan dengan Cara (Teknik) Setekan (Tanpa Umpan) di Empang atau Kolam

(dilarang menjiplak artikel "Tips Memancing Ikan dengan Cara (Teknik) Setekan (Tanpa Umpan) di Empang atau Kolam" ini, kecuali dengan mencantumpan link sumber artikel ini: http://infopancing-memancing.blogspot.com/2014/06/tips-memancing-ikan-dengan-cara-teknik.html).

Saat ini banyak dibuka kolam atau empang pemancingan dimana pemancing boleh menggunakan trik atau teknik setekan, yaitu cara memancing ikan tanpa menggunakan umpan. Berikut kami uraikan tentang apa itu memancing ikan dengan setekan dan tips bermain unggul dengan teknik atau cara setekan ini (maaf gan, bukan bermaksud menggurui, tapi ini hanya berbagi pengalaman, siapa tahu bisa bermanfaat).

Apa itu Memancing Setekan?

Memancing ikan dengan teknik setekan adalah memancing tanpa menggunakan umpan. Memancing ikan  dengan cara setekan ini dilakukan dengan menunggu ikan menabrak senar pancing atau kail, sehingga pelampung / kambangan bergerak sedikit ataupun masuk ke dalam air. Dalam kondisi ini, pemancing dengan cepat harus menghentakkan joran pancing lurus ke atas dengan cepat dan kuat, sehingga kail akan mengenai badan ikan. Dengan demikian, memancing dengan teknik atau cara setekan ini memungkinkan kail mengenai semua bagian tubuh ikan mulai dari mulut sampai ekor ikan.  Wah susah gak ya memancing dengan cara setekan ini? Haha, jawab nya tergantung pada kebiasaan gan. Yang jelas pemancing harus bergerak cepat setiap kali pelampung bergerak sedikit saja, jadi adu cepat dengan larinya ikan, gan. Kalau terlambat, ikan dah lari duluan, jadi gak kena gan :D

Apa Keunggulan Memancing Ikan dengan Teknik Setekan di Empang atau Kolam Ikan?

Banyak keunggulan memancing ikan di empang atau kolam ikan dengan cara setekan gan, dan itu sangat berpengaruh terhadap banyaknya ikan yang diperoleh pemancing. Ini coba kami uraikan keunggulannya:
  1. Cara Memancing Ikan dengan Teknik Setekan tidak Kelamaan Menunggu Ikan Lapar. Jika memancing dengan umpan (bahasa kami: "Telepan"), sebelum ikan mau makan maka pemancing tidak akan mendapatkan ikan :( Lain halnya dengan memancing ikan dengan trik setekan, gan, pokoknya ikan lewat menabrak senar pancing, atau bahkan ikan diam di tempat atau bahkan bergerak mengambang saja akan kena deh sama agan pemancing :). Loh kok, ikan diam dan bergerak juga bisa, gan? Silahkan baca lanjutanya ya gan :)
  2. Cara Memancing Ikan dengan Teknik Setekan Memungkinkan Dilakukan Penyisiran. Apa itu trik penyisiran, gan? Nah ini dia, teknik penyisiran adalah teknik untuk mengail ikan dalam kondisi ikan diam. Pada saat ikan diam, terkadang ikan mengeluarkan gelumbung gas (prempus: bahasa Jawa). Pada kondisi begini gan, segera saja kail dijatuhkan di sekitar gelembung gas yang dikeluarkan ikan (atau prempus), kemudian joran ditarik atau digeser sehingga kail menyisir dasar kolam atau empang. Apabila kail mengenai ikan, maka akan terasa oleh pemancing. Gerakan joran menjadi seperti menemua hambatan sedikit (grek, grek). maka cara selanjutnya adalah menghentakkan joran ke atas dengan keras sehingga kail menancap di tubuh ikan. Nah, cara ini tak mungkin dilakukan jika menggunakan teknik memancing dengan empan, gan :) Peringatan: "Agan jangan terlalu banyak menyisir ikan dalam kondisi ikan masih sering berlarian kesana kemari didalam kolam atau empang. Pada saat ikan masih banyak berpindah tempat, maka penyisiran akan banyak mengalami kegagalan, sedangkan ketika agan menyisir berarti memperkecil peluag ikan menabrak senar pancing atau kail agan, atau bahkan menakut-nakuti ikan yang hendak mendekat. Gunakan teknik penyisiran jika agan yakin ada ikan yang diam di sekitar agan saja. Terlalu banyak menyisir saat ikan banyak bergerak akan mengakibatkan agan menjadi ZONG, gak dapet ikan gitu gan, hehe".
  3. Memungkinkan teknik "Badik". Teknik badik ini dilakukan ketika ikan bergerak di permukaan air atau melayang sehingga tampak oleh mata pemancing. Pada kondisi ini, kail segera dijatuhkan didepan ikan, dan ketika diperkirakan kail berada disekitar tubuh ikan, maka segera saja joran dihentakkan ke atas, akan pemancing memiliki peluang untuk mengenai ikan yang bergerak melayang (atau dalam bahasa kami: "Mengambang").

Nah, itu tadi seputar tentang pengenalan dasar teknik atau trik memancing setekan dan beberapa kelebihannya, gan. Lalu bagaimana trik dan tips supaya dapat memenangkan lomba dalam memancing setekan, atau bagaimana tips dan trik agar mendapatkan ikan banyak? hmmm, coba baca di artikel kami berikutnya Gan: Tips pemilihan alat pancing setekan di kolam ikan atau empang.

Teknik Memancing Setekan Digunakan untuk Ikan Apa Saja?

Teknik memancing ikan degan cara setekan sangat baik digunakan untuk ikan yang bergerak lambat degan ukuran yang memadai. Umumya teknik mancing setekan ini digunakan untuk ikan lele yang berukuran lebih besar dari 5 ons. Teknik setekan ini akan menjadi sangat efektif pada ikan lele lebih dari 5 ons sebab ikan lele ini bergerak di dasar air sehigga mudah meabrak kail atau senar pancing di sekitar kail. Ikan lele ukuran dibawah 5 ons umumnya bergerak sangat cepat sehingga pemancing cenderung terlambat dan sulit mengenai ikan.
Meskipun demikian, akan tetapi banyak juga pemancing yang menggunakan teknik seteka untuk memancing ikan-ikan tipis dan cepat seperti ikan bawal, yang tentunya membutuhkan teknik dan tips khusus. Lalu gimana teknik itu gan? Coba deh agan baca di artikel kami selanjutnya :) Tips Memancing Ikan Bawal dengan cara Setekan.

Bagaimana Pemilihan Alat Pancing Setekan yang Baik dan Tepat?

Tentang pemilihan alat pancing setekan yang tepat, agan harus baca di artikel kami berikutnya. Pemilihan alat pancing yang tepat sangat penting gan, sebab alat yang salah dapat berakibat patah, rusak, dan tidak mampu mendapatkan ikan dengan baik. Baca saja di sini gan: Tips Pemilihan Alat Pancing yang Tepat.

Oh ya, buat agan yang mau dapetin alat pancing secara online ataupun langsung berkunjung ke toko, ini partner terbaik kami gan. Si agan pemiliki toko ini sangat jeli dan serius dalam menerima barang dari suplier. Semuanya melaui test, tidak asal-asalan main jual aja gan. Kami tau betul saat kontrol barang masuk. Murah-murah bener, kualitas semua asli dan pilihan. Sangat lengkap tokonya, gan, siapa tau agan juga puass:


Komentar

  1. biasanya aku pake udang kalau ada cara itu bisa menghemat biaya memancing VIAGRA USA

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon maaf, berhubung banyak komentar-komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel, sepertio komentar agen perjudian, maka komentar akan kami saring dulu sebelum ditampilkan, demi kenyamanan pembaca semua. Terimakasih.