Rabu, 13 September 2017

Mancing di Sungai dengan Kail Gombyok atau Kail Rangkaian Rampok

Kail Gombyok atau Rangkaian Rampok

Kail pancing gombyok atau ada juga yang menyebut kail pancing rangkaian rampok merupakan rangkaian banyak kail yang diikat dengan sanar pancing dan diikat dalam satu kili-kili atau swifl.

Gambar Kail Pancing Gombyok / Rangkaian Kail Rampok | Info Pancing Memancing
Dengan demikian, mancing ikan di sungai dengan menggunakan alat pancing kail gombyok ini sangat besar keuntungannya, sebab ikan akan sangat sulit lepas ketika sudah menyambar umpan yang didalamnya banyak kail.


Cara pemasangan umpan pada kail gombyok atau rangkaian rampok ini bisa berbagai cara, yaitu:
  1. Dengan menggunakan satu umpan, dimana semua kail yang jumlanya sekitar 5 atau 6 itu seluruhnya dibenamkan dalam satu umpan tersebut. Umpan yang bagus digunakan adalah pelet bubuk seperti merk DEHO (sangat murah) yang dilembekkan dengan air, menjadi seperti tanbah liat. Untuk mengeraskan  agar umpan tak mudah lepas akibat aliran air, bisa dicampur dengan tepung pati kanji atau tepung yang sering dipakai untuk membuat lem kertas. Pemasangan kail diusahakan arah ujung runcingnya keluar sehingga sangat jitu sebagai perangkap ikan.
  2. Sengan menggunbakan umpan sebanyak kail dalam gombyok. Cara ini menjadi sama ceperti memancing dengan kail biasa, dimana setiap kail dikasih satu umpan sehingga dalam satu gombyok ada banyak umpan sejumlah kail yang ada. Cara ini biasa digunakan jika menggunakan umpan tempe ataupun cacing ataupun jengkrik.
Apabila agan bingung mendapatkan kail gombyok, bisa beli di toko rekomendasi kami: Toko Pancing Tanjung, alamat: 100 meter timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Toko itu produksi sendiri kail gombyok jadi harganya paling murah dan bisa grosiran (kalau tidak salah grosiran dilayani setiap pembelian minimal 100 biji kail gombyok. Harga eceran sekitar Rp.4000,- per biji dan grosir kalau tak salah ingat Rp 3000 atau bisa kurang dengan minimal pembelian 100 biji). Kalau mau tanya tanya info langsung aja gan kontak ke Hp nya: 085865245388.

CARA MANCING IKAN DENGAN KAIL GOMBYOK ATAU TEKNIK RAMPOK

Memancing ikan di sungai dengan teknik kail gombyok ini sebenarnya merupakan teknik memancing paling santai tapi sangat jitu. Dikatakan santai karena agan tak perlu capek-capek ngamatin pelampung terus meneurus, tapi cukup duduk manis sambil ngopi atau ngerokok dan ngobrol ramai-ramai sambil nunggu bel jepit berbunyi jika ikan menyambar umpan agan. Agan tak butuh pelampung, akan tetapi cukup menggunakan bel jepit yang dipasangkan di ujung joran anten atau joran sambung dua yang agak kaku. Hebatnya mancing teknik ini adalah kesenangan ngopi agan bisa tetap dijalankan sambil ngobrol tanpa pelotot sana sini nyari pelampung. Selengkapnya cara mancing ikan di sungai dengan alat kail gombyok:

  1. Gunakan joran anten kira-kira panjang 180 cm atau 210 cm, dan gunakan reel ukuran 4000.
  2. Gunakan senar pancing yang sangat kuat tapi yang murah saja seperti merek BMR (harga cuma kisaran 30.000 gan). Panjang senar 100m ukuran 0,30 - 0,35. Jika terpaksa bisa gunakan ukuran 0,28.
  3. Gunakan bel jepit dan nanti ketika memancing dijepitkan tepat di bawah kolonng ujung joran atau di ros no 2.
  4. pasangkan timah bulat atau timah oval ukuran B atau C yang diapit dua stopper karet. Caranya pasang stopper karet pada senar pancing, kemudian masukkan ujung senar pancing ke timah bulat, kemudian tarik dan pasangkan lagi stopper pada senar pancing. 
    Gambar Timah Bulat Pada Set Alat Pancing Glosoran / Lemparan | Info Pancing Memancing
    Gambar Timah Bulat Pada Set Alat Pancing Glosoran / Lemparan
  5. Pasang senar pancing pada kili-kili kail gombyok.
    Gambar Pemasangan Kail Gombyok / Rangkaian Rampog | Info Pancing Memancing
    Gambar Pemasangan Kail Gombyok / Rangkaian Rampok

  6. Reel pancing dibuat dalam posisi membuka dulu, maksudnya pada konmdisi dimana senar pancing bisa ditarik keluar dengan mudah.
    Gambar reel posisi membuka | Info Pancing Memancing
    Gambar Reel Posisi Membuka

  7. Lemparkan jauh-jauh kail gombyok ke tengah sungai.
  8. Reel dibuat posisi menutup maksudnya dalam posisi dimana senar pancing hanya bisa ditarik mundur.
    Gambar Reel Posisi Menutup | Info Pancing Memancing
    Gambar Reel Posisi Menutup
  9. Putar handel reel pelan-pelan sampai senar pancing terasa kencang.
  10. Joran jangan dipegangin terus gan, capek, joran taruh pada kayu atau benda apa yang bisa jadi penyangga, posisi joran keatas agak condong ke depan, dan tetap usahakan senar pancing dalam posisi agak mengencang. 
  11. Ngopi, ngerokok dan ngobrol sambil nunggu bel jepit berbunyi gan.
Bingung dapetin alat alat pancingnya? langsung aja beli set jadi rangkaian alat pancing lemparan ke toko rekomendasi aye gan. Hp nya: 085865245388. Alamat jelas bisa langsung kunjung ke darat atau pesen dipaketin. Kalau agan mau jual lagi, beli banyak juga dapet harga grosir setau aye gan.
Selamat memancing di sungai gan, happy hapy aja. Nikmati sensasi ngopi sambil mancing ala juragan :)





Rabu, 10 Desember 2014

Senar Pancing Paling Kuat Paling Murah | Senar Pancing Alternatif

BERBAGI INFO TENTANG  SENAR PANCING TERBAGUS, TERBAIK, TERKUAT, LEMES, LENTUR  (SENAR PANCING DEWA)



Sudah bukan rahasia umum bagi pemancing, bahwa senar pancing terbaik ditinjau dari berbagai segi pertimbangan berikut:

  • Kekuatan Senar Pancing
Senar pancing dikatakan terbaik jika senar pancing tersebut kuat untuk memancing beban-beban besar dibanding senar pancing lainnya yang seukuran. Akan tetapi kekuatan saja tidaklah cukup untuk menjadikan ikan yang dipancing dapat naik ke kermukaan tanah, sebab ada senar pancing yang sangat kuat akan tetapi tidak tahan hentakan. Senar pancing semacam ini hanya bagus jika digunakan untuk mengangkat ikan yang sudah lemas, tidak bergerak menghentak-hentak, dan pengangkatan dilakukan secara pelan-pelan. Maka agar disebut sebagai senar pancing yang terbaik terkuat harus memenuhi persyaratan lainnya. Ikuti saja uraian berikutnya gan :)
  •  Kelenturan / Daya Molor / Tingkat Peregangan Senar Pancing (elastisitas)
Senar pancing dikatakan terbaik jika mampu mengangkat ikan-ikan yang tidak lemas dan terus bergerak menghentak-hentak. Agar senar pancing mampu mengangkat ikan yang bergerak menghentak-hentak ketika kondisi ikan belum lemas, maka senar pancing tersebut harus memiliki kemampuan meregang atau molor atau memiliki kelenturan yang cukup. Ikan bawal, ikan lele, dan ikan-ikan pipih lainnya cenderung terus menggelepar-gelepar ketika terkena kail. Jika senar pancing kurang lentur atau kurang molor atau kurang mampu meregang,  maka senar pancing yang tipis atau berukuran kecil cenderung akan putus menghadapi ikan yang menghentak-hentak semacam ini. Jika senar pancing memiliki kelenturan atau kemoloran  yang cukup, maka meskipun kekuatannya tidak besar dan ukurannya tipis biasanya tetap mampu melawan ikan-ikan yang masih agresif ketika diangkat ke permukaan. Ini syarat penting, gan. Tidak perlu heran jika ada senar pancing yang mampu mengangkat batu berat akan tetapi tetap putus digunakan untuk memancing ikan kecil sebab senar pancing semacam itu kurang lentur atau kurang molor, atau kurang mampu meregang  sehingga tak mampu menghadapi gerakan yang menyentak-nyentak :)
  • Kelemasan Senar Pancing
Kelemasan senar pancing berbeda dengan kelenturan atau daya molor senar pancing. Kelemasan senar pancing ini berkaitan dengan kenyamanan dipakai. Senar pancing yang baik adalah senar pancing yang lemas yaitu tidak kaku seperti kawat, tidak mudah menekuk. Senar pancing yang lemas ini menjadi syarat penting bagi pemancing tanpa umpan (nyekrik atau setek). Kelemasan juga penting bagi pemancing ikan dengan umpan, sebab senar pancing yang kaku akan mengakibatkan kail dan pelampung mudah ikut bergoyang ketika senar paning bergerak terkena aliran air, angin, atau tergerak dari ujung joran pancing. Agan pemancing perlu memperhatikan kelemasan senar pancing ini supaya nyaman dan mudah mendapatkan ikan dalam memancing.
  •  Daya Pantul dan Daya Bias Senar Pancing
Senar pancing yang baik / bagus harus memiliki daya pantul yang rendah terhadap cahaya (tidak silau) dan juga tidak mudah terlihat dalam air. Senar pancing yang samar-samar oleh mata ikan ini pada umumnya merupakan senar pancing yang diolah dengan Fluoro Carbon. Dahulu senar pancing Fluoro Carbon ini harganya mahal-mahal, tapi kami bisa tunjukkan bahwa ada senar pancing fluoro carbon dengan harga sangat-sangat murah. Dibawah ini saya tunjukkan nanti gan, juga lokasi toko pancing yang menyediakannya :)
  • Harga Senar Pancing
Percuma senar pancing memiliki kualitas bagus jika harganya sangat mahal atau tak terjangkau. Yang sangat penting bagi senar pancing adalah harganya yang terjangkau.  Bukan senar pancing terbaik jika harganya tak terjangkau. Mengapa? Sebab wajar jika harga mahal itu baik, akan tetapi jika harga murah tapi baik itulah senar pancing yang terbaik :).
Gimana logikanya senar pancing murah kok bisa bagus ya gan? hehe, gampang gan... Kalo ada toko yang berbusa-busa bilang kalo senar pancing yang bagus pasti mahal, agan tak akan lagi percaya setelah tahu manajemen bisnis berikut:
"Perjalanan Barang dagangan seperti senar pancing dari pabrik sampai ke pembeli itu harus melalui satu rantai perdagangan, yaitu dari pabrik ke importir (jika barang import an), kemudian masuk ke grosir utama (grosir tingkat 1), baru masuk ke grosir daerah (grosir tingkat 2), kemudian baru ke toko atau masuk dulu ke grosir tingkat 3 kemudian ke toko, dan terakhir ke pembeli. Semakin banyak tengkulak atau distributornya  atau dengan kata lain semakin panjang rantai perdagangannya, maka harga barang akan semakin selangit sebab setiap distributor atau tengkulak akan mengambil untung dari barang seperti senar pancing tersebut, sedangkan jika barang hanya singgah di sedikit distributornya atau semakin sedikit tengkulaknya, maka barang akan semakin murah. Dengan kata lain, semakin pendek rantai perdagangannya maka harga barang akan semakin murah"
"Penyebab lain dari harga barang bagus tak selalu mahal adalah teknik perusahaan dalam menekan biaya produksi. Ada pabrik yang sangat pandai menghemat biaya promosi sampai milyaran rupiah, sehingga harga produknya sangat murah, dan ada pabrik yang sangat besar biaya promosinya sehingga barang menjadi sangat mahal".
Dari dua hal itu saja dah ketahuan bahwa barang murah   belum tentu jelek, sebab murah bisa karena tak  banyak tengkulak dan kemampuan pabrik menghemat pemborosan.
Setelah tahu ilmu manajemen bisnis itu, silahkan agan komentar sendiri untuk toko yang bilang bahwa ciri-ciri alat pancing yang bagus pasti mahal, hehe... tak hanya itu, test aja barangnya langsung di lapangan gan... bandingkan langsung beramai-ramai ... haha. 

Nah, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tentang sayart untuk dikatakan sebagai senar pancing terbaik tersebut, maka berdasarkan pengalaman para mastah yang memasyarakat (memasyarakat karena memperhatikan harga yang terjangkau, bukan hanya memperhatikan mereka-mereka yang borju saja), maka kami berikan anjuran untuk menggunakan EMPAT senar pancing TERBAIK TERKUAT berikut:

1. Senar Pancing HC

Senar pancing HC ini merupakan senar pancing paling idaman, paling bagus, terbaik, paling nyaman dan enak dipakai berdasarkan pengalaman tim kami. Banyak hal yang menjadikan keunggulan senar pancing terbaik HC ini:
  • Senar pancing terbaik HC ini merupakan senar pancing Fluorocarbon, yaitu senar pancing yang hampir tak tampak ketika masuk ke air, khususnya dimata ikan. Pengolahan fluorocarbon senar pancing HC ini sangat bagus, sehingga benar-benar samar di air danikan menjadi seperti buta terhdap senar pancing HC ini. Kebanyakan ikan tidak akan kabur ngiprit ketakutan terhadap senar pancing HC ini karena sangat samarnya di air. Banyak senar pancing fluorocarbon yang bisa ditemui di pasaran, akan tetapi hasil pengalaman kami, senar pancing HC iilah yang terbaik.
  • Senar pancing terbaik  HC cukup tipis dibanding senar pancing lain yang berukuran sama. Sudah bukan rahasia umum lagi bagi pemncing, dimana pemancing berpengalaman selalu mengidolakan senar pancing yang tipis tapi mempuni. Senar pancing yang tipis jelas lebih tidak menakutkan bagi ikan dibanding senar pancing yang tebal. Disamping itu, senar pancing yang tipis sangat nyaman dipakai, tidak bikin malu sebab menunjukkan kualitas yang lebih. Kalau senar pancing tebal kuat memancing ikan besar itu wajar, tapi kalau tipis tapi kuat itu luar bisa seperti senar pancing HC ini.
  • Senar pancing terbaik HC sangat kuat dibanding senar pancing lain yang seukuran berdasarkan pengalaman tim kami. Tim kami terdiri dari banyak pemancing yang selalu mencoba meneliti senar pancing senar pancing baru. Hasil pengalaman kami membuktikan senar pancing OPT HC ini sangat tangguh dan paling kuat dalam menghajar dan bahkan mengangkat ikan besar dari permukaan air ke dasar. Tak diragukan lagi, senar pancing HC sangat kuat dibanding senar pancing lain yang berukuran sama.
  • Senar pancing terbaik HC ini sangat lemes, susah tandingannya dalam hal lemesnya senar pancing. Para pemancing tingkat master akan selalu memikirkan kelemasan senar pancing sebelum membeli. Senar pancingyang lemes tidak akan mempengaruhi pelampung saat jooran digerak-gerakkan dan pelampung tidak akan ikut bergerak ketika ada gerakan kecil di ujung joran. Disisi lain, pengalaman membuktikan bahwa kail lebih tepat mengenai ikan jika pemancing menggunakan senar pancing yang lemes seperti senar pancing HC ini.
  • Senar pancing HC tidak mahal. Secara umum para pemancing akan membanggakan mahalnya harga senar pancing, karena harga mahal selalu dianggap bagus. Akan tetapi jika agan benar-benar master yang berpengalaman terhadap produk-produk senar pancing di pasaran, saya pastikan agan akan menolak anggapan ini. Akan tetapi yang masih kategori pemula akan cenderung menganggap harga mahal pasti bagus. Buktikan sendiri dengan senar pancing HC ini, harga sangat terjangkau kemudian silahkan diadu dengan senar pancing yang sangat mahal.. hehe... it's a challange dari hasil survay kami!
  • Senar pancing HC merupakan senar pancing yang sangat cepat tenggelam di air (fast sinking).  Banyak pemancing sangat mendambakan senar pancing yang mudah tenggelam dan tidak melayang-layang di air. Mengapa?  banyak alasan gan. Senar pancing yang melayang-layang di air akan menjadikan pelampung bergerak kesana kemari saat ada angin dan arus di permukaan air. Ini sangat menjengkelkan pemancing. Alasan lain adalah senar pancing yang tenggelam menjadikan pelampung lebih stabil tidak ikut bergerak-gerak saat joran digerakkan sedikit oleh pemancing. Ini adalah faktor kenyamanan. Alasan lainnya adalah kebanggaan. Senar pancing yang tenggelam itu lebih menunjukkan kelas tinggi gan, jadi membawa kebanggaan tersendiri bagi pemancing. hehe.
Senar pancing terbaik HC ini menjadi rekomendasi utama kami. Lokasi mendapatkan BARANG ASLI silahkan klik di link ini gan: Toko Pancing Terbaik Penyedia Alat Pancing Berkualitas tapi Murah | http://tanjung-pancing.blogspot.com/2013/01/senar-pancing-segala-kualitas-segala.html. Kami punya nomor operator toko itu: 085865245388. 

2. Senar Pancing OGSt .. Sahabat Penghasil Keuntungan Memancing

Senar pancing OGSt ini kalau lihat harganya pasti diremehin sebab super banget murahnya, pasti deh diremehin bener, akan tetapi kalau mas bro sudah mencobanya, bakalan terkaget-kaget dah lihat kekuatan senar pancing OGSt ini... 99,9% PASTI!... . Puluhan orang baik master maupun agak master (hahaha, maksudnya belum lama bergelut dengan pancing memancing gitu bro), mayoritas angkat jempol dan susah pindah ke lain hati, gimana tidak bro.. udah murah tetep aja bikin lawan tanding terbelalak lihat ampuhnya. Biasalah pemancing, kalau ditanya merek ya gak ngaku hahaha.

Senar pancing OGSt ini asal digunakan sesuai dengan kondisi air kolam atau sungai, sangat tidak terlihat ikan, bro. Terbukti dari hasil rupiah yang diuntungkan kepada para pemancing, ciee.. (beneran nih gan... kita lihat bukti laba para pemancing di kolam). Senar pancing OGSt ini sangat mampu menyesuaikan diri demham warna-warna air yang gelap seperti coklat atau agak putih keruh akibat lumpur dan kandungan kapur dalam tanah. Senar pancing OGSt juga terbukti selalu tertabrak ikan di air yang hijau, bahkan lebih sering tertabrak ikan di air hijau daripada warna hijau sendiri... aneh tapi nyata... 

Bahan senar pancing OGSt ini tidak fluorocarbon, dan bagi mas bro master mancing yang kurang suka dengan senar pancing yang terlalu cepat tenggelam, cocok dengan senar pancing ini. Terkadang senar pancing yang terlalu cepat tenggelam bisa jadi masalah pemancing ikan tanpa umpan (setek, nyekrik) sebab terkadang kalau senar pancing tenggelam malah sering tertabrak di bagian atas, ikan tak bakal tertangkap kail saat dihentak. Ini dianggap mengganggu oleh pemancing tertentu. Tapi yah namanya orang juga beda-beda selera gan, ada yang sangat gemar dengan senar pancing yang cepat tenggelam (fast sinking).

Selanjutnya terserah mas bro pak bro mau pilih yang mana .. hehe.


Senar pancing terbaik OGSt ini menjadi rekomendasi utama kami. Lokasi mendapatkan BARANG ASLI silahkan klik di link ini gan: Toko Pancing Terbaik Penyedia Alat Pancing  Berkualitas tapi Murah | http://tanjung-pancing.blogspot.com/2013/01/senar-pancing-segala-kualitas-segala.html. Kami punya nomor operator toko itu: 085865245388. Rekan-rekan kami yang jauh sudah terbiasa juga beli dengan cara online dan barang benar-benar dikirim sampai tujuan. Terkadang barang terkirim agak molor satu atau dua hari akibat bagian ekspedidi pengiriman, wajarlah... itu juga diluar kemampuan toko tapi menjadi bagian dari kerja ekspedisi.

Untuk masalah Umpan Mancing, bisa masuk sini mas, klik aja:
1. Tips Trik Jitu Meracik Umpan Bawal Sampai Bosan Strike ...
2. Meracik Umpan Lele yang bikin ikan lele kepelet...

Mohon maaf, berhubung banyaknya komentar spam yang sangat tidak sesuai dengan isi artikel semacam iklan dan komentar perjudian, maka komentar akan kami saring dahulu sebelum ditampilkan, demi kenyamanan pembaca.  Terimakasih gan.






Kamis, 18 September 2014

Ukuran Layak Kolam Pemancngan Ikan | Info Bagi Calon Pengusaha Kolam Pancingan Ikan

Kolam pancingan ikan yang baik harus dibuat berdasarkan perhitungan-perhitungan ukuran  yang baik dengan mempertimbangkan berbagai hal termasuk mempertimbangkan jenis ikan yang hendak dipancing, jenis kolam pemancingan, yaitu apakah termasuk jenis kolam pemncingan galatama, kolam pancingan arisan atau wul-wulan, atau jenis kolam pemancingan lainnya. Pertimbangan penting lainnya adalah agar pemilik usaha kolam pemancingan tidak rugi atau cepat mendapatkan hasil dari kolam tersebut, tetapi juga harus mempertimbangkan agar pemancing tidak banyak dirugikan.

Berikut kami uraikan ukuran kolam pemancingan yang layak dengan berbagai pertimbangan penting:

  • Ukuran Kolam Pemancingan Ikan Lele sistem Arisan atau Wul-Wulan dengan cara Setek / Nyekrik / Mancing Tanpa Umpan
Hal yang sangat penting diperhatikan dalam kolam pancingan lele sistem wul-wulan atau arisan ini adalah "Jumlah ikan lele dalam kolam pemancingan tersebut nantinya tidak akan pernah banyak". Mengapa?  Kami akan berikan contoh ilustrasi berikut: 
- Rencana jumlah lapak pemancing adalah 40 peserta dengan nilai arisan Rp. 10.000,- per putaran (satu putaran= mulai ikan dimasukkan kolam sampai ikan habis terpancing). Jumlah uang arisan satu kali putaran adalah Rp. 10.000 x 40 = Rp. 400.000,-
- Rencana ikan lele yang dimasukkan rata-rata 2 Kg per ikan. Harga ikan lele yang dijual pemilik kolam ke pemancing per kilogram adalah Rp. 20.000, sehingga rata-rata harga  ikan lele per ekor (2 Kg) adalah Rp. 40.000,- maka jumlah ikan lele yang akan dimasukkan kolam pemancingan dalam satu kali putaran adalah: Jumlah seluruh uang terkumpul / harga  ikan lele per ekor, yaitu Rp. 400.000 / Rp. 40.000 = 10 ekor ikan. Jadi ikan yang memuat lapak sebanyak 40 lapak tersebut hanya akan dimasuki ikan sebanyak 10 ekor dengan bobot rata-rata ikan 2 Kg per ikan. Jika bobot ikan ada yang mencapai 3 Kg atau lebih, maka jumlah ikan yang akan dimasukkan ke kolam tersebut hanya kurang dari 10 ekor ikan lele.
- Mengapa dipilih ikan lele dengan bobot rata-rata 2 Kg per ekor? Sebab pemancing suka strike ikan besar. Sistem arisan atau wul-wulan yang hanya menyediakan ekan kecil (kurang dari 2 Kg per ekor) rata-rata kalah bersaing dengan kolam pemancingan lainnya, dan akhirnya kolam tersebut ..... TEWAS :D 
Oleh karena jumlah ikan lele yang dimasukkan dalam kolam pemancingan sistem arisan atau wul-wulan ini selalu sedikit, maka ukuran kolam yang terlalu luas akan mengakibatkan ikan lele susah terkena pancing, atau ikan lele akan sangat lama habis. Akibatnya adalah membutuhkan waktu yang lama agar pemancing kembali membeli ikan pada pemilik kolam atau dikatakan   putaran arisan menjadi lambat. Hal ini tentunya tidak menguntungkan pemilik kolam sistem arisan atau wul wulan ini, sebab ikannya menjadi tidak banyak terjual, sedangkan pemilik kolam pemancingan ikan mengandalkan pendapatannya pada hasil penjualan ikan lele ini. Akan tetapi, jika ukuran kolam terlalu sempit, maka putaran arisan menjadi terlalu cepat, dan dalam jangka panjang pemancing akan menjadi kurang ngeh karena banyak dirugikan. Hal ini mengakibatkan kolam pancingan seperti ini akan cepat mati juga.

Pertimabangan lainnya adalah terkait dengan kedalaman kolam. Apabila menggunakan pancingan sistem setekan atau nyekrik atau memancing ikan lele tanpa umpan, maka kedalaman ini menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting. Apabila kolam ikan terlalu dalam (diatas 90 cm), maka ikan menjadi mudah meleset, atau menjadi terlalu jarang terkena pancing, sehingga putaran arisan atau wul-wulan menjadi lambat. Hal ini mengakibatkan kerugian pada pemilik kolam ikan.

Atas dasar pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka kami berikan saran untuk ukuran kolam pemancingan ikan lele dengan sistem arisan atau wul-wulan adalah sebagai berikut:
Ukuran kolam pemancingan ikan lele 1: Untuk Lapak 40-44 pemancing, ukuran yang baik adalah 10 m x 5 m dengan kedalaman kolam 1,2 meter. Kedalam air dari dasar ke permukaan air direncanakan adalah cukup 80 cm, kedalaman permukaan air ke teras kaki pemancing adalah 10 cm, dan kedalaman kaki dari teras duduk adalah 30 cm
Ukuran Kolam Pemancingan Ikan Lele 2:  Untuk Lapak 36-40 pemancing, ukuran yang baik adalah 8 m x 4,5 m kedalaman kolam 1,15 meter. Kedalam air dari dasar ke permukaan air direncanakan adalah cukup 75 cm, kedalaman permukaan air ke teras kaki pemancing adalah 10 cm, dan kedalaman kaki dari teras duduk adalah 30 cm.
Ukuran kolam pemancingan ikan lele 3:  Untuk Lapak 26 - 30 pemancing, ukuran yang baik adalah 6 m x 4 m kedalaman kolam 1,1 meter. Kedalam air dari dasar ke permukaan air direncanakan adalah cukup 70 cm, kedalaman permukaan air ke teras kaki pemancing adalah 10 cm, dan kedalaman kaki dari teras duduk adalah 30 cm.

  • Ukuran Kolam Pemancingan Ikan Lele dengan sistem GALATAMA
Hal yang perlu diperhatikan dalam pemancingan sistem galatama ini adalah sebagai berikut: (1) Ikan dalam kolam galatama jumlahnya harus banyak, idealnya adalah 6 x jumlah lapak yang disediakan. Jadi jika jumlah lapak tersedia adalah 30 lapak, maka jumlah ikan lele yang ideal dan menyenangkan bagi pemancing minimal adalah 30 x 6 yaitu 180 ikan lele. Hal ini akan menyenangkan pemancing sebab setiap pemancing memiliki peluang strike (0,6 x 180) / 30 = 3,6 atau 4 ikan lele per jam. (hitungan 0,6 atau 60% adalah berdasarkan pengalaman tidak akan semua ikan dalam kolam terpancing, akan tetapi hanya 60% saja kemungkinan ikan akan terpancing. Kolam pemancingan agan juga akan terlihat miskin jika sampai ikan dalam kolam galatama terpancing habis :) ). Lebih baik dan memuaskan jika jumlah ikan dalam kolam pemancingan galatama mencapai 8 x jumlah lapak tersedia. 
Mengingat jumlah ikan yang banyak ini, maka ukuran kolam yang ideal juga harus lebih besar dan dalam dibandingkan dengan ukuran kolam pemancingan wul-wulan atau arisan.  
Pertimbangan lain dalam pembuatan kolam  pemancingan ikan lele galatama adalah sistem galatama menggunakan model ikan naik dengan jaring, sehingga pemancing cenderung menggunakan senar pancing sekecil mungkin, dengan cara memancing yang diulur-ulur agar senar pancing tidak putus. Hal ini menjadikan dasar pertimbangan bahwa pemancing lebih senang dengan ukuran kolam pemancingan galatama yang luas.
Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka kami sarankan untuk ukuran kolam galatama sebagai berikut:
Ukuran Kolam Pemancingan Galatama Ikan Lele 1: Untuk Jumlah Lapak 40 Orang: Ukuran yang baik adalah 20 m x 8 m dengan kedalaman   air dari dasar kolam 1 m.
Ukuran Kolam Pemancingan Galatama Ikan Lele 2: Untuk Jumlah Lapak 30 Orang, ukuran yang baik adalah 15 m x 7 m dengan kedalaman air dari dasar kolam 1 m.
Didukung oleh:












Selasa, 19 Agustus 2014

Tips Trik Jitu Memancing Ikan di Sungai

Kami akan berikan Info Tips trik memancing ikan di sungai. Bagi pemancing ikan disungai agar dapat mendapatkan ikan banyak, maka sangat penting memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Tips 1: Memilih Lokasi / Spot Surga Buat Mancing di Sungai

Spot mancing di sungai tidak boleh sembarangan apabila pemancing berharap mendapatkan ikan banyak. Tips memilih lokasi atau spot tingkat surga  yang penting diperhatikan adalah dengan melihat aliran air. Ikan yang berbeda jenis memiliki kesukaan yang berbeda-beda untuk bertempat di sungai.

Tips untuk memilih lokasi impian buat mancing ikan tawes di sungai:

Ikan tawes (putihan) lebih suka dengan air yang aliran airnya agak deras, tapi juga tidak terlalu deras. Ikan tawes ini merupakan ikan yang hidup bergerombol atau berkelompok dan umumnya dalam satu kelompok besrnya hampir sama.  Jika agan pemancing hendak memancing ikan tawes, maka usahakan memilih lokasi sungai yang aliran airnya bisa terlihat, atau air terlihat jelas bergerak. Tips lain untuk mencari ikan tawes adalah dengan memperhatikan adanya tanaman tepi sungai yang batang atau daunnya masuk ke air. Di spot ini, airnya lebih beriak dan umumnya tersangkut sampah sungai yang banyak mengandung makanan yang disukai ikan tawes. Pilih lokasi seperti ini, sebab diyakini akan lebih banyak ikan tawesnya. 

Tips untuk memilih lokasi mancing ikan nila di sungai:

Gambar ikan nilai | Info Tips Mancing Ikan Nilai di Sungai
Gambar Ikan Nila
Untuk ikan nila, umumnya suka di lokasi yang airnya lebih tenang dan banyak terdapat tumbuhan air ataupun tumbuhan darat yang masuk ke air. Lokasi ini sangat digemari ikan nila. Ikan nila juga suka dengan lokasi yang airnya agak memusar dengan gerakan lambat. Tips penting dalam memilih lokasi ikan nila di sungai adalah ikan nila suka dengan lokasi di tepian sungai, tidak di tengah, meskipun terkadang ada sebagian ikan nila yang di tengah sungai, tapi ini  sangat jarang. Jadi jika agan hendak menacing ikan nila di sungai, perhatikan tips-tips tersebut.

Tips untuk memilih lokasi mancing ikan lele, Sogo, dan Jambal di sungai:

Gambar Ikan Patin | Info Tips Mancing Ikan Patin di Sungai
Gambar Ikan Patin
Gambar Ikan Lele | Info Tips Mancing Ikan Lele di Sungai
Gambar Ikan Lele
Tips Untuk menentukan spot atau lokasi sungai dalam memancing ikan lele adalah: pilih lokasi yang airnya agak tenang, umumnya di pinggiran sungai, dan cari area yang berlumpur, jangan cari area yang berbatu. Untuk ikan Sogo, umumnya suka dengan air yang agak deras aliran airnya dan condong di tengah sungai. Untuk ikan Patin (Djambal) umumnya suka dengan lokasi sungai yang dalam. Bagian spot sungai yang dalam umumnya banyak terdapat ikan Jambal yang besar-besar. Ikan jambal suka berlindung sehingga ikan Jambal akan mudah didapat di sungai yang banyak tanamannya. Ikan Jambal memiliki sifat pemangsa, sehingga ikan Djambal juga akan mudah dijumpai di sungai yang banyak ikan kecilnya.

Tips untuk memilih lokasi mancing ikan Kembo atau Betutu atau  Bloso di sungai:

Gambar Ikan Betutu / Kembo | Info Tips Mancing Ikan Betutu / Kembo
Gambar Ikan Betutu/ Kembo
Ikan betutu atau kembo gemar dengan kondisi sungai yang banyak lumpurnya, serta gemar dengan lokasi yang dalam. Ikan kembo ini gemar membuat lorong dasar sungai, dan pada musim kering tetap bertahan dalam tanah. Ikan betutu atau bloso juga senang dengan dasar sungai yang banyak sampah dahan-dahan kering atau berbatu dan bersembunyi pada batu-batu dasar sungai. Tips Penting untuk menemukan banyak ikan betutu atau kembo di sungai adalah pilih spot atau lokasi sungai yang dalam dan berlumpur, serta pilih lokasi di pinggiran sungai dengan kondisi air diam atau bergerak lemah (air sungai tidak deras).
Info Tips Tambahan: Hal utama yang penting dilakukan sebelum menentukan spot di sungai adalah mencari informasi ikan apa yang banyak terdapat di sungai yang hendak agan pancing. 
  • Tips 2. Memilih Senar Pancing Hoki, Tidak Malu-Maluin dan Teknik Mancing yang Tepat

Senar pancing yang tepat adalah senar pancing yang mampu menyesuaikan karakter ikan dan gerakan air di sungai. 

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Tawes di Sungai

Ikan tawes di sungai beragam ukurannya. Untuk sungai-sungai kecil, ikan tawes terbesar umumnya hanya setelapak tangan (5 jari), dan lebih banyak ikan tawes kecil-kecil. Ikan tawes terbesar ini bobot kisarannya hanya 2-3 ons saja. Oleh karena itu, jika agan hendak memancing ikan tawes di sungai kecil, sebaiknya menggunakan joran tegek (pole) yang lentur sehingga enak buat strike ikan tawes kecil-kecil.
Gambar Joran Tegek | Tips Mancing Ikan Tawes di Sungai
Gambar Joran Tegek
Joran antena kaku tidak tepat digunakan, sebab akan menghasilkan hentakan kuat sehingga mulut ikan mudah robek dan ikan mudah lepas, disamping itu sensasi strike nya kurang terasa. Tips memancing ikan tawes di sungai kecil dari kami adalah menggunakan joran tegek yang panjangnya kira-kira 270 cm - 360 cm, dan memancing dengan menggunakan pelampung kayu atau pelampung kayu bawang berukuran panjang sekitar 3-5 cm saja.  
Pelampung kecil   lebih peka terhadap ikan-ikan kecil. Untuk tegek, kami anjurkan menggunakan tegek fiber saja yang murah tapi berkualitas, seperti joran pancing produk  Orca ros pendek. (pusat joran berkualitas tapi sangat murah bisa klik di sini, gan). Senar pancing yang paling enak, sangat tipis dibanding senar pancing lain yang seukuran, tapi sangat sangat kuat dan powerfull dengan harga yang sangat amat murah karena diimport langsung tanpa melalui banyak rantai perdagangan (tengkulak) adalah Orca Hoshino 50 m dengan ukuran 0,10 mm - 0,16 mm (Orca Hoshino  0,16 mm saja sudah mampu menarik gerombolan enceng gondok di rawa/ waduk, gan, jadi untuk mancing tawes di sungai kecil cukup Orca Hoshino 0,16 mm atau bahkan 0,12 mm).
Mengapa senar pancing Orca Hoshino? Senar pancing Orca Hoshino 50 m  ini sangat lembut, setingkat senar pancing terbaik Ogawa Qianliu. Senar pancing Orca Hoshino ukuran 0.16 mm tebalnya sama dengan senar pancing lain ukuran 0,12, dengan tenaga setingkat 0,18 senar pancing umum :). Alasan lain adalah tidak teralu panjang, hanya 50 m per gulung, cocok untuk memancing dengan joran tegek. Alasan paling top adalah harganya sangat amat murah dengan kualitas senar setingkat senar pancing harga 250.000 per gulung (buktikan aja gan, ini bukan omdo atau omong ksosong). Senar pancing Orca Hoshino ini sangat lembut dan lentur, tidak kaku, cocok buat pemancing handal.  
Jika di sungai hanya terdapat ikan tawes kecil kecil sebesar 3 jari, maka cukup dengan Orca Hoshino 0,10 mm, sedangkan bila terdapat 5-7 jari maka baiknya digunakan Orca Hoshino 0,16 mm. Apabila agan menghendaki senar pancing yang lebih tips tapi sedikit lebih mahal, bisa digunakan senar pancing  Pnt  (yang juga super kuat sekuat superman :D) atau Subaru Stringed / River Line (super kuat tapi ukurannya standar, sama tebal dengan senar pancing lain yang seukuran). Mengapa dipilih senar pancing yang tipis dan lentur?  sebab ikan tawes makan dengan cara disedot (bukan disambar), sehingga jika senar pancingnya kaku, maka sulit buat tersedot dengan cepat sehingga ikan sulit terkena kail.  Senar-senar pancing berkualitas tinggi tapi sangat murah ini bisa dapat di sini gan (klik saja). Alternatif senar pancing super kuat tapi sangat amat murah adalah Orca Eagle, tapi senar pancing Orca Eagle ini ukurannya standar sama tebal dengan senar pancing lain yang seukuran. 

Gambar Senar Pancing kuat handal Orca Hoshino dan Orca Eagle | Tips Memancing ikan tawes di sungai
Duet Senar Kuat Handal: Orca Hoshino dan Orca Eagle

Untuk memancing ikan tawes yang ukurannya cenderung besar-besar di sungai besar, kadang digunakan teknik pancing lempar, yaitu memancing dengan joran antena dengan menggunakan bel jepit (tanpa pelampung). Bel jepit sebagai indikator tanda didapatnya ikan dijepitkan di ujung joran (sekitar 5 cm dari ujung tanduk joran), dan pemancing menggunakan timah besar agar kail bisa dilemparkan jauh-jauh. Teknik mancing lempar ini menggunakan reel / spin yang berukuran minimal 3000 dengan 3 balls bearing.
Gambar Joran Antena untuk Mancing Lempar

Gambar Pancing Omyok Batok | Info Tips Mancing Ikan Tawes di Sungai
Gambar Ombyok Batok
Kail enaknya menggunakan banyak kail yang dirangkai (ombyok) yang diberikan pelingdung dari plastik atau batok kelapa. Fungsi pelingdung ini adalah agar umpan tidak mudah terhanyut oleh arus air sungai, sehingga umpan lebih awet (untuk joran pancing antena berkualitas super dengan harga murah serta aneka pancing ombyok batok dapat diperoleh di Toko Pancing ini gan (klik saja)).
Memancing ikan tawes dengan teknik lempar ini menggunakan timah B, C, atau D sehingga bisa menghasilkan lemparan yang jauh. Omyok batok akan tergeletak di dasar sungai, atau sedikit melayang di atas dasar sungai jika timah lempar di set pada posisi dasar dan kail omyok dipasang diatasnya (teknik ini mengurangi resiko tersangkutnya kail ombyok pada sampah dasar sungai).
Senar pancing yang yahud paling sesui untuk memancing ikan tawes di dungai besar dengan teknik lempar ini adalah senar pancing Orca Mononylon 100 m,  senar pancing Orca Phantom 100 m yang super-super kuat tapi harganya sangat amat murah.  
Bila agan menghendaki senar pancing yang agak mahal untuk teknik mancing lemparan di sungai ini, bisa gunakan senar pancing Waterline. Oleh karena memancing di sungai banyak resiko tersangkut sampah dan terputusnya senar pancing, maka sebaiknya jangan gunakan senar pancing yang terlalu mahal. Senar Pancing ini sebaiknya berukuran 0,28 - 0,30 saja.

Ukuran senar pancing yang cenderung besar ini dipilih dengan alasan untuk melawan sampah jika suatu saat pancing agan tersangkut sampah yang terhanyut aliran sungai.

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Nila di Sungai

Info yang dapat kami berikan terkait dengan tips memilih senar pancing dan info teknik mancing ikan nilai di sungai tidak jauh beda dengan ikan tawes di sungai. Ikan nila di sungai memiliki ukuran kisaran 3 jari sampai 8 jari tangan dengan bobot kisaran 1 - 5 ons. Memancing ikan nila di sungai agar enak merasakan sensasi strike adalah dengan joran pole / tegek dengan panjang kisaran 270 cm - 360 cm. Joran tegek bisa dipilih yang fiber murah saja (tapi berkualitas bagus) seperti joran pancing Centro Gemini ros panjang, joran pancing Tornado Virgo ros pendek atau panjang, atau joran pancing Orca TJL. Apabila agan menghendaki joran Carbon, maka bisa dipilih yang merek-merek Blood, Sabpolo, dan lainnya.
Senar pancing yang tipis tapi super kuat, lentur dan murah tetap menjadi pilihan utama, yaitu senar pancing Orca Hoshino 50 m (murah) dan  senar pancing Pnt 100m (sedikit lebih mahal) dengan ukuran 0,14-0,16 mm. Dua senar pancing tersebut sangat tipis, lembut, dan lentur dibanding dengan senar pancing umum yang seukuran, dengan kekuatan 1,25 x lebih kuat dari senar pancing umum yang mahal-mahal. Senar pancing tipis dan lentur tetap menjadi pilihan terbaik sebab ikan nila menjadi lebih mudah menghisap makanan dan kail mudah masuk ke mulut ikan nila. Ini adalah info tips yang penting dalam memancing ikan nila di sungai. Alternatif senar pancing murah tapi sangat ulet / super kuat lain adalah senar pancing Orca Eagle 50 m atau senar pancing Redwolf Torsion 0,17 mm (lentur, panjang, sedikit lebih mahal). (untuk mendapatkan senar-senar pancing kualitas super teruji di lapangan tapi sangat murah tersebut bisa klik disini gan).

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Patin / Jambal di Sungai

Info tips untuk memilih senar pancing dan teknik mancing ikan  patin atau jambal di sungai ini kami uraikan berdasarkan pengalaman pribadi dan diskusi dengan para raja jambal. Ikan patin atau jambal di sungai umumnya berukuran besar, kisaran satu lengan tangan (sekitar 1 Kg) sampai dengan sebesar bayi 2 tahun (sekitar 11 - 20 Kg). Sifat ikan Jambal atau patin ini sangat penakut dan peka terhadap gerakan dan barang asing yang masuk ke sungai seperti senar pancing. Akan tetapi jika kita menggunakan senar pancing berukuran kecil, maka diyakini akan putus dengan besarnya dan kuatnya ikan patin. Oleh karena itu, untuk sukses memancing ikan patin atau Jambal disungai, Tips terpenting adalah "Menggunakan Senar  pancing yang Fluorocarbon". Pilih saja senar pancing fluorocarbon yang murah tapi sangat sangat luar biasa kuat, yaitu V-TRO Advantage 100 m (murah)  atau V-TRO Carp 150 m (sedikit lebih mahal). Mengapa dipilih senar pancing yang murah? Karena memancing Jambal di sungai sangat rawan dengan tersangkut sampah sehingga senar pancing sering harus diputus, jadi sayang jika menggunakan yang mahal. Senar pancing V-TRO Advantage dan V-TRO Carp specialis ini sangat sangat kuat dan samar di air, dengan harga termurah dibanding senar fluorocarbon lainnya. Disamping itu, senar pancing V-TRO Carp specialis ini paling lentur diantara semua senar pancing Fluorocarbon yang ada saat ini. Pilih senar pancing V-TRO yang berukuran minimal 0,40 mm dengan estimasi untuk 15 Kg ikan Jambal atau patin. Apabila terpaksa mendapatkan produk lain, bisa digunakan produk BESD Celtic 0,50 - 0,60 mm.
Joran yang paling cocok untuk memancing Jambal ini adalah joran dari bahan solid (todak lobang di bagian tengah) agar tidak patah untuk menahan berat beban ikan yang besar dan strike yang super kuat dari ikan Jambal atau Patin. Joran sambung dua yang baik dapat dipilih yang ada kawat di tengah stik joran tersebut seperti produk joran pancing  Maxcell atau yang tidak ada kawat di bagian tengahnya tapi terbukti kuat seperti joran pancing produk Bettle Success (dapatkan joran-joran super kuat yang murah di sini gan).
Gambar Joran Pancing Solod Maxcell dan Joran Pancing Solid Bettle Success | Info Tips Mancing ikan Patin / Jambal di Sungai
Gambar Joran Pancing Solid Maxcell dan Joran Pancing Solid Bettle Success

Sebaiknya agan pemancing menggunakan Reel penggulung senar yang kuat seperti produk Golden Fish. Mengapa Reel Golden Fish? Produk ini sudah tenar dan teruji kekuatannya sejak nenek moyang, dengan harga paling murah dibanding produk-produk lainnya, akan tetapi kekuatan reel Golden Fish ini tidak ada yang meragukan. Kuat, tak harus mahal.
Gambar Reel Pancing GGolden Fish | Kuat Tidak Mahal | Info Tips Mancing Jambal / Patin di sungai
Gambar Reel Golden Fish | Kuat Tak Harus Mahal

Teknik mancing bisa dilakukan dengan teknik lemparan yaitu menggunakan timah besar untuk ditenggelamkan di dasar sungai akan tetapi menggunakan kail tunggal berukuran besar. Bel jepit sangat penting digunakan untuk penanda suara jika ikan jambal atau patin terkena pancing kita. 
Mengapa lebih dipilih menggunakan teknik umpan tenggelam di dasar sungai? Sebab berdasarkan pengamatan kami, ikan patin suka sekali bersembunyi di dasar air, dan jarang muncul ke permukaan, kecuali malam hari agak sering berkeliaran mencari mangsa.   

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Kembo / Betutu / Bloso di Sungai

Info tips trik memilih senar pancing dan teknik mancing ikan betutu atau kembo yang dapat kami berikan cukup sederhana, gan. Ikan betutu atau kembo ini suka bikin geronggongan atau rumah di lumpur dasar sungai. Agan bisa  pakai teknik "ngentul' atau disebut juga teknik 'dudul' yaitu tanpa menggunakan pelampung dan teknik mencing dilakukan dengan meletakkan kail berumpan di dasar sungai, sampai benar-benar menyentuh dasar sungai, biarkan senar pancing tetap tegang. Tunggu sampai 2 menit, jika tidak terasa ada hentakan di senar pancing maka angkat kembali joran pancing sekitar 30 cm, geser kira-kira 30 cm kemudian letakkan kembali kail berumpan di dasar sungai. Apabila tidak dimakan ikan kembo atau bloso atau betutu, maka angkat kembali sekitar 30 cm joran pancing agan, geser lagi sekitar 30 cm menyisir tepi sungai, dan letakkan kembali umpan di dasar sungai. Teknik ini dilakukan karena ikan bloso atau kembo atau betutu ini sangat malas bergerak, jadi ikan ini hanya menyambar umpan yang dekat dengannya saja. Pemancing harus mengalah berpindah-pindah mencari lokasi terbaik.
Joran pancing yang enak dipakai adalah joran pole atau tegek yang  bagus tapi murah seperti joran pole / tegek produk zerex, joran pole / tegek super Dayuan, bisa juga menggunakan joran antena yang murah tapi bagus seperti joran antena  produk Oregon Exclussive, joran solid yang kuat tapi lentur dan murah seperti joran pancing sambung dua produk piranha yang sangat cocok untuk memancing ikan bloso.  Dapatkan joran-joran pancing murah tapi super kualitas di sini gan, klik saja.
Oleh karena memancing ikan bloso ini rawan dengan tersangkutnya kail di sampah, maka perlu digunakan senar pancing berukuran sedang yaitu 0,20 mm sampai 0,23 mm dengan senar pancing produk Orca Eagle (murah berkualitas) (kuat lentur, agak mahal).  

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Lele di Sungai

Tips memancing ikan lele di sungai ini bisa menggunakan teknik bervariasi. Jika agan menghendaki mancing dengan cara lele diangkat dengan joran sampai di darat, maka agan sebaiknya menggunakan joran solid (tak berlobang di bagian tengah) yang tahan patah meskipun harganya murah seperti joran pancing produk piranha, Gravity, dan lainnya. Joran solid ini dipilih untuk mengantisipasi mengangkat ikan lele berukuran besar kisaran 3-5 Kg yang mungkin sekali ditemukan di sungai. Untuk memancing ikan lele dengan teknik ini, sebaiknya digunakan senar pancing Orca Eagle atau senar pancing Orca Phantom atau senar pancing Orca Mononylon atau Orca Power-Up yang harganya murah tapi sangat kuat dan jaguan mengangkat lele sampai darat, yaitu yang berukuran 0,30 mm. Jika agan yakin ikan lele yang ada hanya kecil-kecil dengan bobot maximal 1 Kg, cukup gunakan senar pancing Orca Eagle atau senar pancing Orca Mononylon atau senar pancing Orca Power-Up berkuran 0,23 mm-0,25 mm. Apabila ketika menggunakan senar pancing kecil ini agan memperoleh ikan lele yang besar yaitu diatas 3 Kg, maka terpaksa agan pelan-pelan meminggirkan ikan lele kemudian ikan lele diambil dengan tangan atau alat. 
Tips teknik mancing ikan lele di sungai adalah menggunakan umpan yang mendasar di sungai, sebab ikan lele gemar bersantai di dasar sungai. Agan bisa menggunakan teknik lempar, dimana agan tanpa menggunakan pelampung pancing, cukup menggunakan bell jepit untuk indikator dimakannya umpan oleh ikan lele di sungai. Rangkaian kail sebaiknya menggunakan kail tunggal (engkel) dimana timah pemberat diletakkan pada posisi jauh lebih rendah dari kail, sehingga kail sedikit melayang di dasar sungai agar tidak tersangkut sampah dasar sungai. 
Tips memancing ikan lele di sungai jika agan menghendaki cara menaikkan ikan dengan tangan atau alat, maka cukup menggunakan joran antena yang bagus tapi murah seperti joran antena produk Bettle All Star, Joran Antena produk Victory ataupun joran antena produk Oregon Exclussive. Senar pancing bisa digunakan senar pancing Orca Eagle, atau senar pancing Orca Kingdom, atau senar pancing Orca Mononylon, atau senar pancing Orca Power Up, atau senar pancing Duraflex Maestro (agak mahal), dengan ukuran 0,23 mm. Senar pancing ini sudah mampu strike pada ikan lele 5 Kg di sungai, dengan catatan spool pada reel jangan di set terlau kencang, jadi sedikit agak mengendor. 

  • Tips 3: Memeilih Kail / Pancing yang Tepat dan Sesuai untuk Memancing di Sungai

Memilih kail merupakan tips yang sangat fital dalam keberhasilan memancing di sungai. Mengabaikan ukuran kail atau pancing berarti merelakan waktu mancing agan menjadi sia-sia. Berikut Info tips memilih kail untuk mancing di sungai:

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Tawes di Sungai

Sebelum menentukan ukuran kail untuk memancing ikan tawes di sungai, perlu diperhatikan bahwa ikan tawes memiliki mulut berukuran kecil dan cenderung memakan umpan dengan cara disedot. Denagn demikian, jika ukuran kail atau pancing terlalu besar, maka kail biasanya tersangkut di mulut secara tipis, sehingga ikan mudah lepas. Oleh sebab itu, dalam memilih ukuran kail, sebaiknya agan bisa memprediksi atau mengamati terlebih dahulu berapa rata-rata ukuran ikan tawes yang ada. Berikut ukuran kail / pancing disesuaikan dengan ukuran ikan tawes:
  • Ikan tawes ukuran kisaran kurang dari 2 jari tangan: Sebaiknya digunakan kail berukuran 0,3 jika digunakan umpan lumut atau pelet, dan kail berukuran 1 jika digunakan umpan cacing. Bisa digunakan kail berukuran 2 untuk teknik perakitan kail dengan omyok atau banyak kail dengan umpan pelet, dimana dalam pelet yang dibuat agak besar dimasukkan banyak kail sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.
  • Ikan tawes berukuran kisaran 3-4 jari tangan: Sebaiknya digunakan kail berukuran 1-2 untuk umpan lumut dan pelet, ataupun cacing. Bisa digunakan kail berukuran 3-5 jika banyak kail dibuat omyok dengan umpan pelet, dimana dalam pelet yang dibuat agak besar dimasukkan banyak kail sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.
  • Ikan tawes berukuran kisaran 5-6 Jari tangan, sebaiknay digunakan kail berukuran 3-4 untuk umpan lumut, pelet, maupun cacing. Bisa digunakan kail berukuran 6-7 jika banyak kail dibuat omyok dengan umpan pelet, dimana dalam pelet yang dibuat agak besar dimasukkan banyak kail sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.
  • Bisa digunakan kail berukuran 1 jika agan ragu atau tidak tahu dengan ukuran ikan yang ada di sungai. Bisa digunakan kail berukuran 3 dengan banyak kail dibuat omyok jika agan ragu atau tidak tahu ukuran ikan di sungai. 

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Nila di Sungai

  • Untuk Ikan nila berukuran kisaran 3 jari tangan ke bawah, bisa digunakan kail berukuran 3-4
  • Untuk ikan nila berukuran kisaran 4  jari tangan bisa digunakan kail berukuran 5-6
  • Untuk ikan nila berukuran kisaran 5 jari tangan, bisa digunakan kail ukuran 7-8 
  •  Untuk ikan nila berukuran kisaran > 5 jari tangan, bisa digunakan kail berukuran 9.

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Betutu atau Kembo atau Bloso di Sungai

Ikan betutu atau kembo atau bloso ini merupakan ikan dengan mulut sangat amat lebar. Apabila kail yang digunakan terlalu kecil, maka kail akan mudah tertelan sampai perut hingga agan harus sering kehilangan kail. Ikan betutu atau kembo atau bloso yang berukuran kecil saja mampu menelan kail berukuran 10. Untuk memancing ikan betutu atau kembo atau bloso ini, gunakan saja kail ukuran 12 jika ikannya kecil atau sedang, dan gunakan kail ukuran 15 jika ikannya besar.

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Lele di Sungai

Ikan lele juga merupakan ikan yang bermulut lebar, meskipun tak selebar ikan betutu atau kembo atau bloso. Dengan demikian, untuk memancig ikan lele, seaiknya menggunakan kail berukuran besar. Untuk ikan lele sebesar setengah legan atau sekitar bobot 5 ons, bisa digunakan kail ukuran 9. Untuk ikan lele sebesar engan atau bobot kisaran 1 Kg-1,5 Kg, baik digunakan kail ukuran 10-12, sedangkan untuk ikan lele diatas 1,5 Kg baik digunakan kail ukuran 15.

  • TIPS 4: Cara Pemberian Umpan untuk Memancing Ikan di Sungai

Cara memberikan umpan dan pemilihan jenis umpan untuk memancing ikan di sungai merupakan faktor penentu keberhasilan pemancing. Cara pemberian umpan dan jenis umpan harus sesuai dengan watak ikan yang dipancing. Berikut tips pemberian umpan untuk mancing ikan di sungai:

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Nila di Sungai

Jenis umpan mancing ikan nila disesuaikan dengan kondisi air di sungai saat memancing. Tips utama pemberian umpan untuk memancing ikan nila juga berdasarkan kondisi aliran air dan warna air sungai.
Pada musim penghujan, jika aliran air sungai tak begitu deras dan dapat ditemukan pinggiran sungai yang airnya agak tenang, hanya sedikit aliran air atau ada sediit gerakan air memutar atau membalik, maka umpan lumut asli dan pelet Udang Lumut serta pelet BP9 Produk STELLA paling tepat digunakan. Air sungai yang tenang tidak mudah menghanyutkan lumut sehingga hal ini menguntungkan pemancing. Umpan lumut asli akan menjadi jitu sekali jika kondisi air sungai relatif bening, yaitu sekitar lebih dari 3 hari pasca banjir di sungai, akan tetapi terkadang umpan lumut kurang jitu jika warna air cukup keruh atau kecoklatan. Dalam kondisi musim panas dan air sungai yang diam, banyak terdapat lumut dilam air, sehingga memancing dengan umpan lumut di musim panas kurang efektif, dan lebih efektif menggunakan pelet  BP9 produk STELLA
Pada musim penghujan, khususnya pasca banjir atau pasca air tinggi yang kurang dari 3 hari, umumnya air masih keruh dan aliran air secara umum masih deras. Dalam kondisi ini, umpan yang terbaik adalah cacing merah dan pelet BP9 produk STELLA dicampur dengan essen amis-amis. Umpan cacing merah ini jitu untuk memancing ikan nila pada air keruh dan kondisi dimana rata-rata air mengalir deras. Memancing ikan nila dengan umpan cacing merah dan pelet BP9 produk STELLA ini tetp dilakukan dengan mencari lokasi yang aliran airnya paling tenang, atau agak memutar. 
Penggunaan BOM umpan dapat dilakukan pada lokasi dimana air sungai dianggap cukup tenang. Bom umpan ini dilakukan dengan memasukkan lumut atau pelet BP9 produk STELLA ke dalam karamba lumut, kemudian diberikan batu yang agak besar sebagai pemberat. Karamba yang berisi lumut atau pelet BP9 produk STELLA tersebut dimasukkan dalam air, dan setiap 1 menit digerak-gerakkan perlahan agar lumut-lumut halus dan pelet keluar dari karamba sedikit demi sedikit sehingga mengundang ikan nila untuk bergerombol di tempat bom umpan tersebut.  Tips penggunaan bom umpan untuk memancing ikan nila di sungai ini sangat penting, sebab ikan nila adalah ikan yang bergerombol. Setelah ikan nila mengumpul di lokasi bom ikan, maka pemancing dapat meletakkan kail dan umpan di lokasi tersebut.
Penggunaan bom umpan untuk memancing ikan nila di sungai ini tidak efektif jika aliran airnya cukup deras, dan tidak ditemukan lokasi yang airnya relatif tenang. Untuk mendapatkan umpan ikan nila BP9 produk STELLA bisa klik di sini gan. 
Peletakkan umpan di sungai jangan terlalu dangkal, akan tetapi buat umpan mencapai lokasi yang agak dalam atau dalam. Apabila air cukup bergelombang, maka ikan nila lebih suka di dasar sungai, sedangkan jika kondisi air cukup tenang makan ikan nila senang di lokasi yang tidak terlalu dalam. Ikan nila suka sembunyi di batang-batang dan daun tanaman air, sehingga meletakkan umpan di lokasi sekitar tanaman air ini cukup menghuntungkan bagi pemancing.  

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Tawes di Sungai

Ikan tawes sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ikan nila. Ikan tawes ini memiliki sifat suka bergerombol, dan gemar dengan lumut serta pelet tengiri belut (TB9) produk STELLA. Perbedaannya adalah ikan tawes lebih suka dengan lokasi yang airnya bergerak.
Memancing ikan tawes di sungai pada musim panas juga kurang efektif dilakukan dengan lumut asli, sebab banyak terdapat lumut di dasar sungai. Apabila agan nekat memancing ikan tawes di musim, panas, maka sebaiknya gunakan pelet tengiri belut (TB9) produk Stella yang amis.  
Pada musim penghujan, ikan tawes mudah sekali dipancing pada waktu 2-3 hari pasca banjir, sebab pada masa banjir ikan tawes umumnya stress dan tidak mau makan, sehingga waktu 3 hari pasca banjir ikan tawes tersebut dalam kondisi puncak kelaparan dan sudah tidak stress. 
Apabila agan mendapati lokasi pinggiran sungai yang airnya agak tenang akan tetapi masih terdapat sedikit alirran air, agan bisa coba menggunakan bom umpan pelet tabur produk STELLA
Umpan yang baik digunakan untuk memancing ikan tawes ini adalah lumut, pelet tengiri belut (TB9) dan terkadang doyan dengan cacing merah. Akan tetapi memnacing dengan umpan cacing merah sulit mendapatkan ikan tawes banyak, akan tetapi akab banyak mendapatkan ikan keting / garitel. 
Ikan tawes ini banyak terdapat melayang di tengah dan mendasar di dasar sungai, sehingga agan dapat memancing ikan tawes di sungai dengan teknik lempar dimana umpan dan kail terletak di dasar sungai, atau memancing dengan tegek atau joran pole dengan menggantungkan umpan di tengah air sungai. 

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Betutu atau Kembo atau Bloso  di Sungai

Ikan betutu merupakan ikan pemangsa, sehingga memancing ikan betutu baik dilakukan dengan umpan amis-amisan seperti cacing merah, atau menggunakan pelet amis seperti pelet RED KING produk Stella

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Lele  di Sungai

Ikan lele adalah ikan penggemar pelet amis dan ikan kanibal, sehingga penggunaan pelet amis seperti pelet RED KING produk STELLA sangat tepat untuk memancing ikan lele di sungai. Umpan lain yang baik digunakan untuk memancing ikan lele ini adalah cacing merah. Cara memancing sebaiknya dilakukan dengan meletakkan umpan di dasar sungai, sebab ikan lele ini gemar mendekam di dasar sungai. Untuk mendapatkan pelet produk STELLA dapat klik di sini gan.
Untuk Info Tips Trik mancing di kolam, bila masuk ke link ini gan:
1. Tips Pemilihan Alat Pancing Kolam atau Empang yang Baik dan Tepat
2.Tips Memancing Ikan dengan Cara (Teknik) Setekan (Tanpa Umpan) di Empang atau Kolam3. Info Tips Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Lele di Kolam Ikan atau Empang4. Tips Jitu Mancing Ikan Bawal di Kolam Pancingan5. Tips (Streategi) Memenangkan Lomba Mancing di Kolam Ikan Lele

Minggu, 13 Juli 2014

Tips Trik Jitu Meracik Umpan Bawal

Sedikit tentang Umpan Jitu mancing Ikan bawal di kolam pancingan, pernah saya bahas di postingan TIPS MANCING IKAN BAWAL DI KOLAM. Disini saya akan membahas tambahan tips dari para rekan mastah bawal buat variasi umpan yang bisa dilakukan agan-agan pemancing.

Tips Mengejutkan Mancing Ikan Bawal PAGI DAN SORE Dengan Ramuan ESSEN SIRSAK

Temuan terbaru berdasarkan pengalaman memancing bawal di kolam. Namanya kolam pancingan hampir dapat dipastikan para pemancingnya membuat berbagai ramuan umpan yang dianggapnya dahsyat. Tapi bagaimana jika pengguna aneka ramuan itu semua terbelalak dengan seorang tua (nggak tau keladi nggak nih orang tua hahaha), dia santai aja tapi tiap berapa menit strike ikan bawal, sedangkan yang lain terbang terbawa lamunan dan rasa iri dengan bibir monyong-monyong, kwkwkwk. Jawabnya adalah Sirsak.

Telusur punya telusur, orang tua itu makai umpan beraroma sirsak gan. Akhirnya para pemancing ikan bawal yang tau pada ngikutin pakai Essen Sirsak. Saya rekomendasikan memakai essen aroma Sirsak untuk memancing diwaktu pagi dan sore bro, dan juga pakainya Essen yang kualitasnya bintang lima merk : "MAS BRO". Mengapa wajib merk Mas Bro:
1. Harga Terjangkau Kantong Tipis: Di berbagai toko pancing  harganya bervariasi, mungkin dipengaruhi biasa transport pengambilan barang yang berbeda-beda gan, harga kisaran Rp.16.000,- ada yang lebih murah seperti di Toko Pancing Tanjung.
2. Kualitas bintang lima: Kok Bisa? Esen yang bagus itu aromanya tak gampang hilang oleh gerakan air, bro. Banyak essen beredar di pasaran tapi gak tau deh daya tahannya di air gimana. Essen murah merk Mas Bro ini tahan lama di air dan aromanya kuat, kekentalannya standar essen mahal, Dengan begitu maka mas bro tak perlu kawatir aroma essen hilang dalam beberapa jam,
3. Tidak bikin ikan kabur muntah-muntah. Kalau manusia makan sayuran tanpa bumbu pasti susah nelannya bro, gak enak, tapi kalau bumbu berlebihan seperti terlalu asin atau terlalu kebanyakan vetsin (motto, penyedap rasa) pasti muntah hehe. Begitu juga dengan essen gan kalau terlalu kuat aromanya, yang ada ikan malah kabur muntah-muntah. Itulah alasan kenapa saya rekomendasikan pakai essen sirsak merk Mas Bro saja. KAmi kurang tahu toko-toko mana saja yang punya merk ini, tapi yang jelas ada saya temuin di Toko Pancing Tanjung: sekitar 100m timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Kalo butuh ada no HP saya punya: 085865245388.

RAMUAN UMPAN BAWAL DENGAN EESSEN SIRSAK:

  1. Ramuan yang bisa agan gunakan yaitu dengan bahan dasar tepung aci. Teteskan Essen Sirsak Merk MAS BRO  10 tetes pada 1 sendok teh air, kemudian campurkan dengan 3 sendok makan rebusan  tepung aci (atau tepung apa aja yang agak lengket). kalau masih terlalu keras, tambah air panas, tapi kalau terlalu lembek tambahkan rebusan tepung aci sampai adonan bisa dipakai buat mancing ikan bawal.
  2. Ramuan II ini bisa dipakai untuk variasi: tetap menggunakan bahan dasar tepung aci rebusan, campurkan dengan Essen MAS BRO aroma sirsak 4 tetes + 3 tetes essen aroma pisang ambon + 3 tetes essen aroma tengiri + 4 tetes essen aroma Choya. Kalau agan punya essen vanili, tambahkan 2 tetes saja. 
  3. RAMUAN II, dengan Essen Bawal Jadi produk MAS BRO, tapi harganya agak mahal gan, kisaran 40 ribuan. Essen ini sudah produk jadi berdasarkan pengalaman memancing di wilayah Jawa Barat. Campurkan 10 tetes essen bawal jadi produk MAS BRO pada 4 sendok makan rebusan tepung aci.
Kok Produk mas bro essennya? Yah itu yang lagi naik daun gan.

Bahan-bahan bisa agan dapatkan di toko favorit saya: Toko Pancing Tanjung : 085865245388. Detil lokasinya tanya langsung ajalah ke pemilik toko.


Tips Jitu Mancing Ikan Bawal dengan Umpan Racikan Telor Susu

Racikan umpan ikan bawal dari bahan telor susu ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu dari bahan kuning telor itik ditambah dengan susu bubuk kemudian diaduk. Susu bubuk bisa pakai yang kadaluwarsa saja gan, jika terpaksa juga bisa beli yang baru, kemasan kecil atau sachet lebih murah. Jika perlu, agan bisa menambah tepung terigu dan tepung udang biar lebih mantab aroma umpan ikan bawalnya. Ramuan umpan  ikan bawal ini cukup menjanjikan buat disambar ikan bawal di kolam atau empang tempat agan mancing.

Tips Jitu Mancing Ikan Bawal dengan Umpan Larva Capung (Dragonfly Larvae)

Gambar Larva Capung Untuk Umpan Mancing Ikan Bawal | Tips Trik Jitu Meracik Umpan Bawal
Gambar Larva Capung
Larva capung merupakan hewan yang menetas dari telur capung. Larva capung ini banyak terdapat di dasar perairan, sering juga disebut dengan istilah kene-kene (kini-kini), dan bernafas dalam air. Nimfa juga banyak didapat di lumpur sawah saat pagi dan sore, khususnya di sawah yang baru ditanami padi.
Umpan dari binatang larva capung atau nimfa ini sangat bagus dan unggul untuk memancing ikan bawal dalam segala kondisi air kolam.



Tips Jitu Mancing Ikan Bawal dengan Umpan Racikan Tahu Telor Susu (TTS)

Umpan mancing ikan bawal dengan racikan TTS ini berkali-kali memenangkan galatama bawal di kolam (empang) tempat kami mancing. Penggunaan umpan racikan ikan bawal dengan  TTS ini bagus digunakan jika ikan bawal sudah terkesan bosan dengan umpan amis-amisan. Racikan umpan ini adalah tahu putih mentah atau matang di hancurkan kemudian dicampur dengan kuning telor itik (bebek) dan susu (baiknya yang kadaluwarsa) kemudian diaduk, bisa ditambah dengan essen gurih seperti essen vanila dari produk MAS BRO, essen pandan, essen melon , atau santan kelapa atau essen kelapa. Jika bawal sudah terkesa bosan, maka agan bisa menambahkan essen amis amis seperti essen tengiri , essen black choya , atau produk stella yang amis lainnya. (untuk essen produk MAS BRO dan STELLA agan bisa order di toko pancing partner kami ini (klik aja gan). Atau langsung kontak ke tempat belanja favorit saya Toko Pancing Tanjung : 085865245388

Hal yang Penting Diperhatikan dalam meracik umpan ikan bawal

Info penting bagi penggemar mancing ikan bawal dengan umpan adalah cuaca saat memancing. Meracik umpan bawal sangat penting dilakukan dengan memperhatikan kondisi cuaca saat mancing. Apabila saat mancing kondisinya hujan atau cuaca cukup dingin, maka ikan bawal lebih suka dengan aroma yang amis kuat bercampur gurih, sedangkan jika kondisi cuaca panas atau jika pemancing cenderung merasa berkeringat, maka saat itu ikan bawal gemar dengan aroma gurih saja.

Untuk Senar Pancing Hoki Andalan, masuk sini gan


Rabu, 09 Juli 2014

Info Tips Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Lele di Kolam Ikan atau Empang sampai Bosan Strike

Meracik umpan jitu mancing ikan lele di kolam pancingan atau empang

Sebelum mencermati tips meracik umpan jitu ikan lele, perlu diperhatikan bahwa ikan lele memiliki sifat kebosanan tinggi terhadap umpan. Sebenarnya istilah "kebosanan" ini agak kurang tepat, sebab yang menjadikan ikan lele terkesan "bosan" terhadap umpan pancing adalah karena "jera" terhadap kail atau pancing. Ikan mampu mengingat setelah dia makan umpan tertentu kemudian dia terkena kail, maka ikan lele itu lama-lama akan menghindar dari umpan itu, sehingga terkesan bosan. --- Ini merupakan info sepele tapi penting untuk pemancing --- sehingga dalam meracik umpan ikan lele perlu dirubah-rubah agar ikan lupa terhadap umpan-umpan pancing sebelumnya. Dengan demikian, maka umpan jitu mancing ikan yang lalu akan dapat digunakan memancing lagi setelah beberapa lama.

Berikut kami berbagi Tips Meracik Umpan Mancing  Lele di Kolam Ikan atau Empang:
  • Tips Meracik Umpan Jitu untuk Ikan Lele 1: Umpan paling sederhana dengan ikan hias

Racikan Umpan jitu paling sederhana ini menggunakan ikan hias, dan digunakan secara murni tanpa campuran. Ikan hias yang dapat digunaan seperti ikan mas komet dan ikan balon (molly).
       
  Gambar Ikan Komet ~ Jitu sebagai umpan ikan lele
Gambar Ikan Komet ~ Jitu sebagai umpan ikan lele
 Gambar Ikan Balon (molly), Alternatif jitu buat mancing ikan lele
Gambar Ikan Balon (molly), Alternatif jitu buat mancing ikan lele

Harga ikan komet dan ikan balon (molly)  murah, hanya kisaran Rp. 1500 per ekor (harga di Jawa Tengah). Ikan mas komet sepanjang 3-5 cm ini dipotong-potong menjadi dua atau tiga bagian, kemudian dipasang di kail. 
Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele ini terlihat sangat sederhana, tapi jangan dianggap remeh, sebab umpan jitu sederhana ini telah terbukti berkali-kali memberikan kemenangan dalam lomba galatama dengan ratusan peserta. Aroma daging ikan komet dan ikan balon (molly) mentah sangat khas, yaitu amis dengan unsur gurih yang sangat digemari ikan lele.
Tips alternatif meracik umpan ikan lele dengan ikan hias ini adalah digoreng setengah matang dengan mentega dan diberikan vanili pengharum secukupnya.  
Kalau agan bingung nyari dimana ikan-ikan itu, beli aja di toko langganan kami gan, Toko Pancing Tanjung itu toko pancing dan ikan hias. Alamatnya di Tanjung, tepatnya 100m timur pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Untuk dapetin no telponnya, masuk aja ke blognya, klik didini gan, blog Toko pancing tanjung ~ Toko pancing dan ikan hias.
  • Tips Meracik Umpan Jitu untuk Ikan Lele 2: Umpan Sederhana Dengan Lele Bakar

Racikan umpan jitu sederhana ini menggunakan filosofi "lele makan lele". Tips ini sangat sederhana, dimana pemancing hanya perlu membeli daging lele bakar, dan diusahakan setengah matang saja, sukur masih ada sedikit darah di daging lele. Racikan umpan jitu sederhana ini jangan menggunakan ikan lele yang telah digoreng kemudian dibakar, akan tetapi asli dari ikan lele mentah yang langsung dibakar, sehingga tidak terlalu matang, dan umpan masih menyisakan bau anyir serta bau darah, sehingga umpan beraroma gurih, anyir darah.  Tau sendiri gan, ikan lele gemar bau anyir darah, sampai seperti gila. Memancing ikan lele di kolam pakai darah jarang dibolehkan, maka strateginya pakai ikan lele bakar setengah matang yang masih ada aroma anyir darahnya.
  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 3 : Tips Jitu Sederhana Menggunakan Ramuan Essen

Alternatif lain bagi pemancing dalam meracik umpan jitu dengan menggunakan essen sebagai perangsangnya:

  1. Ramuan kedua ... Siap-sap sampai gak boleh ikut mancing gan. Ramuannya: Campur essen kroto dan yakult merk Mas Bro (yg dah banyak buktiin gan) masing-masing 1 sendok makan dan ditambah perasan lemon (jeruk)  ausie, kemudian masukkan dalam cawan atau gelas atau apa aja yang berisi jengkrik yang  telah di bersihin kaki dan sungutnya. Rendaman jengkrik biarkan sampai 2 jam. uji coba di cuaca panas sangat bagus dan bikin ngiri lawan kawan gan... silahkan coba juga di cuaca dingin....Mengepa merk Mas Bro? Yang jelas merk itu sudah kami uji dan harganya murah, terjangkau kantong yang lagi kempes sekalipun gan.. Kami juga tak mungkin merekomendasikan merk yang belum kami uji gan.
  2. Umpan dasarnya yang dipakai adalah Jengkrik yang telah dibersihkan sungut dan kakinya, lalu aduk merata dengan essen untuk ikan lele Merk MAS BRO ditambah dengan ramuan cuka biru juga produk MAS BRO. 
Kalau agan bingung nyari Essens merk MAS BRO, beli aja di toko langganan kami gan, Toko Pancing Tanjung itu toko pancing dan ikan hias. Alamatnya di Tanjung, tepatnya 100m timur pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Untuk dapetin no telponnya, masuk aja ke blognya, klik didini gan, blog Toko pancing tanjung . Bisa beli online gan, ini toko langganan kita-kita dah terbukti.

  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 4 : Umpan Racikan Menggunakan Bahan Cacing

Pada musim hujan, cacing menjadi umpan yang jitu untuk memancing ikan lele. Cacing yang bisa digunakan adalah cacaing merah, cacing tanah dan yang paling ampuh adalah cacing laut. Cacing merah dan cacing tanah ini diracik atau diramu menggunakan kuning telur bebek atau itik, caranya adalah kuning telor dimasukkan di wadah, kemudian cacing diaduk-aduk dalam kuning telur tersebut. Kalau ikan lele sudah bosan, perlu dicoba juga pakai essen buah merk Mas Bro, gan.

  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 5: Umpan Racikan Menggunakan Bahan Hati Ayam

Variasi umpan jitu untuk mancing ikan lele lainnya adalah dengan menggunakan bahan dasar hati ayam yang masih mentah. Hati ayam yang masih mentah ini direndam dalam essen choya merk Mas Bro, kira-kira 2 jam. Langkah selanjutnya adalah merendam hati ayam mentar tersebut dalam air putih murni selama 5 menit untuk menghilangkan aroma essens yang  menyengat, sehingga aroma essen nantinya tak terlalu tajam dan menjadi sebanding dengan aroma hati mentah. 
  • Tips Super Jitu Meracik umpan jitu untuk ikan lele 6: Super Jitu dengan Resiko

Tips meracik umpan ikan lele yang ini DIJAMIN SUPER JITU, akan tetapi memiliki resiko yaitu membuat tidak betah tetangga lapak atau mungkin bahkan pemancing sendiri. Jika tips super jitu ini digunakan, maka yakin seyakin-yakinnya anda akan dapat ikan banyak.
Gampang-gampang susah untuk mendapatkan bahan dari tips super jitu ini. Bahan yang digunakan adalah embrio atau anak puyuh yang masih didalam telur yang tidak berhasil menetas, atau embrio dalam telur puyuh yang busuk / kopyor/ gagal tetas.  Pakai saja gan, lihat hasilnya!!! Akan tetapi perlu diingat, aroma dari racikan umpan jitu ikan lele ini sangat busuk baunya, sehingga bisa bikin muntah yang tak tahan.
  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 7: Racikan umpan berbahan dasar usus kambing

Racikan umpan ini juga cukup sederhana, dimana agan tinggal mencari usus kambing. Mengapa tidak usus ayam? Ada beberapa sebab dimana usus kambing lebih jitu digunakan sebagai bahan umpan mancing lele, yaitu: 1) Usus kambing memiliki aroma yang lebih kuat; 2) Usus kambing memiliki aroma yang lebih disukai ikan lele; 3) Usus kambing sangat jarang digunakan, sehingga masih mudah menarik perhatian ikan lele, sedangkan usus ayam sudah sering digunakan, sehingga sudah banyak ikan lele yang jera dengan usus ayam.
  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 8: Racikan umpan berbahan dasar Larva Tawon

Larva tawon murni tanpa campuran apapun sangat bangus untuk umpan mancing ikan lele di empang atau kolam, baik kolam galatama maupun harian. 
  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 9: Racikan umpan berbahan dasar belut

Belut dapat dijadikan bahan dalam meracik umpan jitu untuk memancing ikan lele di kolam, baik kolam galatama maupun harian. Racikan umpan jitu untuk memancing ikan lele menggunakan belut dilakukan dengan cara belut dikukus setengah matang dengan menggunakan air + daun pandan secukupnya, lebih baik lagi jika menggunakan sereh yang digerus. Gunakan juga garam dan gula pasir sedikit saja jangan banyak-banyak.
Cara lain adalah dengan dipepes dalam kondisi potongan potonga kecil. Pepes dicampu dengan minyak zaitun, dicampur dengan essen produk Stella yaitu Essen Vanila bisa juga dengan ditambah  dengan essen lobster atau essen black choya produk Stella. Untuk essen-essen produk Stella anda bisa pesan di sini mas (klik saja).
  • Tips meracik umpan jitu untuk ikan lele 10: Racikan umpan berbahan dasar Berutu Ayam


Berutu ayam sangat lunak dan lezat, akan tetapi ini lumayan mahal. Jika agan pemancing hendak menggunakannya untuk meracik umpan mancing ikan lele, maka berutu ayam dapat dipanggang setengah matang, sehingga aromanya mengundang nafsu makan ikan lele. Alternatif lain adalah dicampur dengan essen Vanila dari produk Stella sedikit saja, diteteskan tepat setelah berutu ayam dipanggang.
Untuk mendapatkan essen langka produk Mas Bro ataupun produk Stella, tetep kami rekomendasikan di toko langganan kita kita, produk jaminan asli dan lengkap gan: Toko Pancing Tanjung alamatnya di Tanjung, tepatnya 100m timur pasar Tanjung, Juwiring, Klaten. Untuk dapetin no telponnya, masuk aja ke blognya, klik didini gan, blog Toko pancing tanjung .


Selain meracik umpan, agan juga perlu bertukar pengalaman dalam:


Untuk Tips memancing ikan lele di sungai atau ikan lain di sungai, silahkan klik gan.






 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code