Tips Trik Jitu Memancing Ikan di Sungai

Kami akan berbagi Info Tips trik memancing ikan di sungai. Bagi pemancing ikan disungai agar dapat mendapatkan ikan banyak, maka sangat penting memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Tips 1: Memilih Lokasi / Spot Surga Buat Mancing di Sungai

Spot mancing di sungai tidak boleh sembarangan apabila pemancing berharap mendapatkan ikan banyak. Tips memilih lokasi atau spot tingkat surga  yang penting diperhatikan adalah dengan melihat aliran air. Ikan yang berbeda jenis memiliki kesukaan yang berbeda-beda untuk bertempat di sungai.

Tips untuk memilih lokasi impian buat mancing ikan tawes di sungai:

 

Gambar Ikan Tawes Sungai / Putihan | Pakai OHF Jasuke Amis Gurih

Ikan tawes (putihan) lebih suka dengan air yang aliran airnya agak deras, tapi juga tidak terlalu deras. Ikan tawes ini merupakan ikan yang hidup bergerombol atau berkelompok dan umumnya dalam satu kelompok besrnya hampir sama.  Jika agan pemancing hendak memancing ikan tawes, maka usahakan memilih lokasi sungai yang aliran airnya bisa terlihat, atau air terlihat jelas bergerak, bahkan deras. Tips lain untuk mencari ikan tawes adalah dengan memperhatikan adanya tanaman tepi sungai yang batang atau daunnya masuk ke air. Di spot ini, airnya lebih beriak dan umumnya tersangkut sampah sungai yang banyak mengandung makanan yang disukai ikan tawes. Pilih lokasi seperti ini, sebab diyakini akan lebih banyak ikan tawesnya. 

Tips untuk memilih lokasi mancing ikan nila di sungai:

Gambar ikan nilai | Info Tips Mancing Ikan Nilai di Sungai

Untuk ikan nila, umumnya suka di lokasi yang airnya lebih tenang dan banyak terdapat tumbuhan air ataupun tumbuhan darat yang masuk ke air. Lokasi ini sangat digemari ikan nila. Ikan nila juga suka dengan lokasi yang airnya agak memusar dengan gerakan lambat. Tips penting dalam memilih lokasi ikan nila di sungai adalah ikan nila suka dengan lokasi di tepian sungai, tidak di tengah, meskipun terkadang ada sebagian ikan nila yang di tengah sungai, tapi ini  sangat jarang. Jadi jika agan hendak menacing ikan nila di sungai, perhatikan tips-tips tersebut.

Tips untuk memilih lokasi mancing ikan lele, Sogo, dan Jambal di sungai:

Gambar Ikan Patin | Info Tips Mancing Ikan Patin di Sungai
Gambar Ikan Patin
Gambar Ikan Lele | Info Tips Mancing Ikan Lele di Sungai
Gambar Ikan Lele
Tips Untuk menentukan spot atau lokasi sungai dalam memancing ikan lele adalah: pilih lokasi yang airnya agak tenang, umumnya di pinggiran sungai, dan cari area yang berlumpur, jangan cari area yang berbatu. Untuk ikan Patin (Djambal) umumnya suka dengan lokasi sungai yang dalam. Bagian spot sungai yang dalam umumnya banyak terdapat ikan Jambal yang besar-besar. Ikan jambal suka berlindung sehingga ikan Jambal akan mudah didapat di sungai yang banyak tanamannya. Ikan Jambal memiliki sifat pemangsa, sehingga ikan Djambal juga akan mudah dijumpai di sungai yang banyak ikan kecilnya.

Tips untuk memilih lokasi mancing ikan Kembo atau Betutu atau  Bloso di sungai:

Gambar Ikan Betutu / Kembo | Info Tips Mancing Ikan Betutu / Kembo
Gambar Ikan Betutu/ Kembo
Ikan betutu atau kembo gemar dengan kondisi sungai yang banyak lumpurnya, serta gemar dengan lokasi yang dalam. Ikan kembo ini gemar membuat lorong dasar sungai, dan pada musim kering tetap bertahan dalam tanah. Ikan betutu atau bloso juga senang dengan dasar sungai yang banyak sampah dahan-dahan kering atau berbatu dan bersembunyi pada batu-batu dasar sungai. Tips Penting untuk menemukan banyak ikan betutu atau kembo di sungai adalah pilih spot atau lokasi sungai yang dalam dan berlumpur, serta pilih lokasi di pinggiran sungai dengan kondisi air diam atau bergerak lemah (air sungai tidak deras).
Info Tips Tambahan: Hal utama yang penting dilakukan sebelum menentukan spot di sungai adalah mencari informasi ikan apa yang banyak terdapat di sungai yang hendak agan pancing. 

 

  • Tips 2. Memilih Senar Pancing Hoki, Tidak Malu-Maluin dan Teknik Mancing yang Tepat

Senar pancing yang tepat adalah senar pancing yang mampu menyesuaikan karakter ikan dan gerakan air di sungai. 

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Tawes di Sungai

Ikan tawes di sungai beragam ukurannya. Untuk sungai-sungai kecil, ikan tawes terbesar umumnya hanya setelapak tangan (5 jari), dan lebih banyak ikan tawes kecil-kecil. Ikan tawes terbesar ini bobot kisarannya hanya 2-3 ons saja. Oleh karena itu, jika agan hendak memancing ikan tawes di sungai kecil, sebaiknya menggunakan joran tegek (pole) yang lentur sehingga enak buat strike ikan tawes kecil-kecil.
Video Contoh Joran Pancing Tegek

 

Joran antena kaku kurang tepat digunakan, sebab akan menghasilkan hentakan terlalu kuat sehingga mulut ikan mudah robek dan ikan mudah lepas, disamping itu sensasi strike nya kurang terasa. Tips memancing ikan tawes di sungai kecil dari kami adalah menggunakan joran tegek yang panjangnya kira-kira 270 cm - 360 cm, dan memancing dengan menggunakan pelampung kayu atau pelampung kayu bawang berukuran panjang sekitar 3-5 cm saja.  
Pelampung kecil   lebih peka terhadap ikan-ikan kecil. Untuk tegek, kami anjurkan menggunakan tegek yang tidak terlalu kaku, biar enak sensasinya, seperti:
- Bahan Fiber Sangat Murah namun enak: Swan, Gamaru Master Pole, dan lainnya.
- Bahan Carbon Agak Mahal dan cocok buat ikan wader: Lion, Zensa Bellatrix

- Carbon mahal namun tak terlalu kaku buat wader, misay produk Kyoto  Prodigy

(pusat joran berkualitas tapi sangat murah bisa klik di sini, gan). 
Senar pancing yang paling enak, sangat tipis dibanding senar pancing lain yang seukuran, tapi sangat sangat kuat dan powerfull dengan harga yang  murah seperti Senar Pancing Iron Power UNIONS dengan ukuran:
-  0,10 mm - 0,12 mm untuk ikan tawes / wader / putihan.
- 0,15 mm - 0,18 mm untuk ikan nila.
Jika di sungai hanya terdapat ikan tawes kecil kecil sebesar 3 jari, maka cukup dengan Exso  0,10 mm, sedangkan bila terdapat 5-7 jari maka baiknya digunakan ujuran 0,14 mm. Apabila agan menghendaki senar pancing yang lebih tips tapi sedikit lebih mahal, bisa digunakan senar pancing  Blood Big game yang lemes dan tak begitu terlihat oleh ikan.
Mengapa dipilih senar pancing yang tipis dan lentur?  sebab ikan tawes makan dengan cara disedot (bukan disambar), sehingga jika senar pancingnya kaku, maka sulit buat tersedot dengan cepat sehingga ikan sulit terkena kail.  Senar-senar pancing berkualitas tinggi tapi sangat murah ini bisa dapat di sini gan (klik saja). Alternatif senar pancing super kuat adalah  adalah Enigma, tapi senar pancing Enigma Sinori ini agak kaku, kuatnya terjamin banget.
Untuk  ikan tawes yang ukurannya cenderung besar-besar di sungai besar, kadang digunakan teknik pancing lempar, yaitu memancing dengan joran antena dengan menggunakan bel jepit (tanpa pelampung). Bel jepit sebagai indikator tanda didapatnya ikan dijepitkan di ujung joran (sekitar 5 cm dari ujung tanduk joran), dan pemancing menggunakan timah besar agar kail bisa dilemparkan jauh-jauh. Teknik mancing lempar ini menggunakan reel / spin yang berukuran minimal 3000.
Memancing ikan tawes dengan teknik lempar ini menggunakan timah B, C, atau D sehingga bisa menghasilkan lemparan yang jauh. Omyok batok akan tergeletak di dasar sungai, atau sedikit melayang di atas dasar sungai jika timah lempar di set pada posisi dasar dan kail omyok dipasang diatasnya (teknik ini mengurangi resiko tersangkutnya kail ombyok pada sampah dasar sungai).
Senar pancing yang yahud paling sesui untuk memancing ikan tawes di dungai besar dengan teknik lempar ini adalah senar Utecate S yang original, panjang 150 m sesuai untuk sungai besar.
Oleh karena memancing di sungai banyak resiko tersangkut sampah dan terputusnya senar pancing, maka sebaiknya jangan gunakan senar pancing yang terlalu mahal. Senar Pancing ini sebaiknya berukuran 0,30 - 0,40 saja. Ukuran senar pancing yang cenderung besar ini dipilih dengan alasan untuk melawan sampah jika suatu saat pancing agan tersangkut sampah yang terhanyut aliran sungai.

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Nila di Sungai

Info yang dapat kami berikan terkait dengan tips memilih senar pancing dan info teknik mancing ikan nilai di sungai tidak jauh beda dengan ikan tawes di sungai. Ikan nila di sungai memiliki ukuran kisaran 3 jari sampai 8 jari tangan dengan bobot kisaran 1 - 5 ons. Memancing ikan nila di sungai agar enak merasakan sensasi strike adalah dengan joran pole / tegek dengan panjang kisaran 360 cm - 450 cm. Joran tegek bisa dipilih yang fiber murah (tapi berkualitas bagus) seperti joran pancing Swan atau Audrey atau Gamaru Masterpole. Jika suka dengan joran tegek yang super kaku dan sangat enak untuk ikan-ikan nila babon besar, direkomendasikan menggunakan joran carbon Swan China sangat murah untuk bahan carbon, Rajanya tegek super kaku dengan harga sangat murah 
Senar pancing yang tipis tapi super kuat, lentur dan murah tetap menjadi pilihan utama, yaitu Iron Power Unions dengan ukuran 0,14-0,16 mm. Dua senar pancing tersebut sangat tipis, lembut, dan lentur dibanding dengan senar pancing umum yang seukuran, dengan kekuatan ± 1,25 x lebih kuat dari senar pancing umum yang mahal-mahal. Senar pancing tipis dan lentur tetap menjadi pilihan terbaik sebab ikan nila menjadi lebih mudah menghisap makanan dan kail mudah masuk ke mulut ikan nila. Ini adalah info tips yang penting dalam memancing ikan nila di sungai. Alternatif senar pancing murah tapi sangat ulet / super kuat lain adalah Enigma (agak kaku) dan sangat panjang, sedikit lebih mahal). (untuk mendapatkan senar-senar pancing kualitas super teruji di lapangan tapi sangat murah tersebut bisa klik disini gan).

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Patin / Jambal di Sungai

Info tips untuk memilih senar pancing dan teknik mancing ikan  patin atau jambal di sungai ini kami uraikan berdasarkan pengalaman pribadi dan diskusi dengan para raja jambal. Ikan patin atau jambal di sungai umumnya berukuran besar, kisaran satu lengan tangan (sekitar 1 Kg) sampai dengan sebesar bayi 2 tahun (sekitar 11 - 20 Kg). Sifat ikan Jambal atau patin ini sangat penakut dan peka terhadap gerakan dan barang asing yang masuk ke sungai seperti senar pancing. Akan tetapi jika kita menggunakan senar pancing berukuran kecil, maka diyakini akan putus dengan besarnya dan kuatnya ikan patin. Oleh karena itu, untuk sukses memancing ikan patin atau Jambal disungai, Tips terpenting adalah "Menggunakan Senar  pancing yang Fluorocarbon". Pilih saja senar pancing fluorocarbon yang murah tapi memadai yaitu TIAGRA yang Original. Mengapa dipilih senar pancing yang murah? Karena memancing Jambal di sungai sangat rawan dengan tersangkut sampah sehingga senar pancing sering harus diputus, jadi sayang jika menggunakan yang mahal. Senar tiagra ini super duper kuat namun kaku, gak papa kaku gan, mancingnya di sungai besar, tak terlalu ngefek antara kaku atau lemes, yang penting murah dan super kuat bahkan fluorocarbon.
Joran yang paling cocok untuk memancing Jambal ini adalah joran dari bahan solid (tidak lobang di bagian tengah) agar tidak patah untuk menahan berat beban ikan yang besar dan strike yang super kuat dari ikan Jambal atau Patin. Joran sambung dua yang baik untuk jambal ini pilih yang kaku gan, jangan yang lemes, bisa ancur kalau dapet jambal 10 kg di sungai besar.
Sebaiknya agan pemancing menggunakan Reel penggulung senar yang kuat namun tak terlalu mahal seperti produk REVO. KITA GAK NYARI YANG TERKENAL, TAPI NYARI YANG MURAH NAMUN HANDAL, jadi kalau ancur di sungai ya gak keras-keras nangisnya hehe (canda gan..) .... Kita bukan beli merk tapi beli barang gan.
Teknik mancing bisa dilakukan dengan teknik lemparan yaitu menggunakan timah besar untuk ditenggelamkan di dasar sungai akan tetapi menggunakan kail tunggal berukuran besar. Bel jepit sangat penting digunakan untuk penanda suara jika ikan jambal atau patin terkena pancing kita. 
Mengapa lebih dipilih menggunakan teknik umpan tenggelam di dasar sungai? Sebab berdasarkan pengamatan kami, ikan patin suka sekali bersembunyi di dasar air, dan jarang muncul ke permukaan, kecuali malam hari agak sering berkeliaran mencari mangsa.   

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Kembo / Betutu / Bloso di Sungai

Info tips trik memilih senar pancing dan teknik mancing ikan betutu atau kembo yang dapat kami berikan cukup sederhana, gan. Ikan betutu atau kembo ini suka bikin geronggongan atau rumah di lumpur dasar sungai. Agan bisa  pakai teknik "ngentul' atau disebut juga teknik 'dudul' yaitu tanpa menggunakan pelampung dan teknik mencing dilakukan dengan meletakkan kail berumpan di dasar sungai, sampai benar-benar menyentuh dasar sungai, biarkan senar pancing tetap tegang. Tunggu sampai 2 menit, jika tidak terasa ada hentakan di senar pancing maka angkat kembali joran pancing sekitar 30 cm, geser kira-kira 30 cm kemudian letakkan kembali kail berumpan di dasar sungai. Apabila tidak dimakan ikan kembo atau bloso atau betutu, maka angkat kembali sekitar 30 cm joran pancing agan, geser lagi sekitar 30 cm menyisir tepi sungai, dan letakkan kembali umpan di dasar sungai. Teknik ini dilakukan karena ikan bloso atau kembo atau betutu ini sangat malas bergerak, jadi ikan ini hanya menyambar umpan yang dekat dengannya saja. Pemancing harus mengalah berpindah-pindah mencari lokasi terbaik.
Joran pancing yang enak dipakai adalah joran pole atau tegek yang  bagus tapi murah seperti  Audrey Masterking, Gamaru Master Pole, bisa juga menggunakan joran antena yang murah tapi bagus seperti joran antena  produk Okuma, Nusantara II, atau lainnya yang sangat cocok untuk memancing ikan bloso.  Dapatkan joran-joran pancing murah tapi super kualitas di sini gan, klik saja.
Oleh karena memancing ikan bloso ini rawan dengan tersangkutnya kail di sampah, maka perlu digunakan senar pancing berukuran sedang yaitu 0,20 mm sampai 0,23 mm dengan senar pancing Enigma atau Utecate S (kuat lentur, agak mahal).  

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing  untuk Ikan Lele di Sungai

Tips memancing ikan lele di sungai ini bisa menggunakan teknik bervariasi. Jika agan menghendaki mancing dengan cara lele diangkat dengan joran sampai di darat, maka agan sebaiknya menggunakan joran solid (tak berlobang di bagian tengah) yang tahan patah meskipun harganya murah seperti joran pancing produk Halilintar, Katana, dan lainnya. Joran solid ini dipilih untuk mengantisipasi mengangkat ikan lele berukuran besar kisaran 3-5 Kg yang mungkin sekali ditemukan di sungai. Untuk memancing ikan lele dengan teknik ini, sebaiknya digunakan senar pancing Tiagra, Yakuza Sinori, atau Utecate S atau senar pancing yang harganya murah tapi sangat kuat dan jaguan mengangkat lele sampai darat, yaitu yang berukuran 0,30 mm. Jika agan yakin ikan lele yang ada hanya kecil-kecil dengan bobot maximal 1 Kg, cukup gunakan senar pancing Tiagra 0,23 mm-0,25 mm. Apabila ketika menggunakan senar pancing kecil ini agan memperoleh ikan lele yang besar yaitu diatas 3 Kg, maka terpaksa agan pelan-pelan meminggirkan ikan lele kemudian ikan lele diambil dengan tangan atau alat. 
Tips teknik mancing ikan lele di sungai adalah menggunakan umpan yang mendasar di sungai, sebab ikan lele gemar bersantai di dasar sungai. Agan bisa menggunakan teknik lempar, dimana agan tanpa menggunakan pelampung pancing, cukup menggunakan bell jepit untuk indikator dimakannya umpan oleh ikan lele di sungai. Rangkaian kail sebaiknya menggunakan kail tunggal (engkel) dimana timah pemberat diletakkan pada posisi jauh lebih rendah dari kail, sehingga kail sedikit melayang di dasar sungai agar tidak tersangkut sampah dasar sungai. 
Tips memancing ikan lele di sungai jika agan menghendaki cara menaikkan ikan dengan tangan atau alat, maka cukup menggunakan joran antena yang bagus tapi murah seperti joran antena produk Nusantara II Senar pancing bisa digunakan Hinomiya, dengan ukuran 0,23 mm. Senar pancing ini sudah mampu strike pada ikan lele 5 Kg di sungai, dengan catatan spool pada reel jangan di set terlau kencang, jadi sedikit agak mengendor. 

  • Tips 3: Memeilih Kail / Pancing yang Tepat dan Sesuai untuk Memancing di Sungai

Memilih kail merupakan tips yang sangat fital dalam keberhasilan memancing di sungai. Mengabaikan ukuran kail atau pancing berarti merelakan waktu mancing agan menjadi sia-sia. Berikut Info tips memilih kail untuk mancing di sungai:

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Tawes di Sungai

Sebelum menentukan ukuran kail untuk memancing ikan tawes di sungai, perlu diperhatikan bahwa ikan tawes memiliki mulut berukuran kecil dan cenderung memakan umpan dengan cara disedot. Denagn demikian, jika ukuran kail atau pancing terlalu besar, maka kail biasanya tersangkut di mulut secara tipis, sehingga ikan mudah lepas. Oleh sebab itu, dalam memilih ukuran kail, sebaiknya agan bisa memprediksi atau mengamati terlebih dahulu berapa rata-rata ukuran ikan tawes yang ada. Berikut ukuran kail / pancing disesuaikan dengan ukuran ikan tawes:
  • Ikan tawes ukuran kisaran kurang dari 2 jari tangan: Sebaiknya digunakan kail berukuran 0,1-0,3 jika digunakan umpan lumut atau pelet, dan kail berukuran 1 jika digunakan umpan cacing. Bisa digunakan kail berukuran 2 untuk teknik perakitan kail dengan omyok atau banyak kail dengan umpan pelet, dimana dalam pelet yang dibuat agak besar dimasukkan banyak kail sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.
  • Ikan tawes berukuran kisaran 3-4 jari tangan: Sebaiknya digunakan kail berukuran 1-2 untuk umpan lumut dan pelet, ataupun cacing. Bisa digunakan kail berukuran 3-5 jika banyak kail dibuat omyok dengan umpan pelet, dimana dalam pelet yang dibuat agak besar dimasukkan banyak kail sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.
  • Ikan tawes berukuran kisaran 5-6 Jari tangan, sebaiknay digunakan kail berukuran 3-4 untuk umpan lumut, pelet, maupun cacing. Bisa digunakan kail berukuran 6-7 jika banyak kail dibuat omyok dengan umpan pelet, dimana dalam pelet yang dibuat agak besar dimasukkan banyak kail sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.
  • Bisa digunakan kail berukuran 1 jika agan ragu atau tidak tahu dengan ukuran ikan yang ada di sungai. Bisa digunakan kail berukuran 3 dengan banyak kail dibuat omyok jika agan ragu atau tidak tahu ukuran ikan di sungai. 

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Nila di Sungai

  • Untuk Ikan nila berukuran kisaran 3 jari tangan ke bawah, bisa digunakan kail berukuran 3-4
  • Untuk ikan nila berukuran kisaran 4  jari tangan bisa digunakan kail berukuran 5-6
  • Untuk ikan nila berukuran kisaran 5 jari tangan, bisa digunakan kail ukuran 7-8 
  •  Untuk ikan nila berukuran kisaran > 5 jari tangan, bisa digunakan kail berukuran 9.

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Betutu atau Kembo atau Bloso di Sungai

Ikan betutu atau kembo atau bloso ini merupakan ikan dengan mulut sangat amat lebar. Apabila kail yang digunakan terlalu kecil, maka kail akan mudah tertelan sampai perut hingga agan harus sering kehilangan kail. Ikan betutu atau kembo atau bloso yang berukuran kecil saja mampu menelan kail berukuran 10. Untuk memancing ikan betutu atau kembo atau bloso ini, gunakan saja kail ukuran 12 jika ikannya kecil atau sedang, dan gunakan kail ukuran 15 jika ikannya besar.

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Lele di Sungai

Ikan lele juga merupakan ikan yang bermulut lebar, meskipun tak selebar ikan betutu atau kembo atau bloso. Dengan demikian, untuk memancig ikan lele, seaiknya menggunakan kail berukuran besar. Untuk ikan lele sebesar setengah legan atau sekitar bobot 5 ons, bisa digunakan kail ukuran 9. Untuk ikan lele sebesar engan atau bobot kisaran 1 Kg-1,5 Kg, baik digunakan kail ukuran 10-12, sedangkan untuk ikan lele diatas 1,5 Kg baik digunakan kail ukuran 15.

  • TIPS 4: Cara Pemberian Umpan untuk Memancing Ikan di Sungai

Cara memberikan umpan dan pemilihan jenis umpan untuk memancing ikan di sungai merupakan faktor penentu keberhasilan pemancing. Cara pemberian umpan dan jenis umpan harus sesuai dengan watak ikan yang dipancing. Berikut tips pemberian umpan untuk mancing ikan di sungai:

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Nila di Sungai

Jenis umpan mancing ikan nila disesuaikan dengan kondisi air di sungai saat memancing. Tips utama pemberian umpan untuk memancing ikan nila juga berdasarkan kondisi aliran air dan warna air sungai.
Pada musim penghujan, jika aliran air sungai tak begitu deras dan dapat ditemukan pinggiran sungai yang airnya agak tenang, hanya sedikit aliran air atau ada sediit gerakan air memutar atau membalik, maka umpan lumut asli dan pelet Udang paling tepat digunakan. Air sungai yang tenang tidak mudah menghanyutkan lumut sehingga hal ini menguntungkan pemancing. Umpan lumut asli akan menjadi jitu sekali jika kondisi air sungai relatif bening, yaitu sekitar lebih dari 2 hari pasca banjir di sungai, akan tetapi terkadang umpan lumut kurang jitu jika warna air cukup keruh atau kecoklatan. Dalam kondisi musim panas dan air sungai yang diam, banyak terdapat lumut dilam air, sehingga memancing dengan umpan lumut di musim panas kurang efektif, dan lebih efektif menggunakan cacing ditambah essen OHF Antanan. Pada musim penghujan, khususnya pasca banjir atau pasca air tinggi yang kurang dari 3 hari, umumnya air masih keruh dan aliran air secara umum masih deras. Dalam kondisi ini, umpan yang terbaik adalah cacing merah dicampur dengan essen amis-amis. Umpan cacing merah ini jitu untuk memancing ikan nila pada air keruh dan kondisi dimana rata-rata air mengalir deras. Memancing ikan nila dengan umpan cacing merah dan pelet ini tetap dilakukan dengan mencari lokasi yang aliran airnya paling tenang, atau agak memutar. 
Penggunaan BOM umpan dapat dilakukan pada lokasi dimana air sungai dianggap cukup tenang. Bom umpan ini dilakukan dengan memasukkan lumut atau pelet  ke dalam karamba lumut, kemudian diberikan batu yang agak besar sebagai pemberat. Karamba yang berisi lumut atau pelet  tersebut dimasukkan dalam air, dan setiap 1 menit digerak-gerakkan perlahan agar lumut-lumut halus dan pelet keluar dari karamba sedikit demi sedikit sehingga mengundang ikan nila untuk bergerombol di tempat bom umpan tersebut.  Tips penggunaan bom umpan untuk memancing ikan nila di sungai ini sangat penting, sebab ikan nila adalah ikan yang bergerombol. Setelah ikan nila mengumpul di lokasi bom ikan, maka pemancing dapat meletakkan kail dan umpan di lokasi tersebut.
Penggunaan bom umpan untuk memancing ikan nila di sungai ini tidak efektif jika aliran airnya cukup deras, dan tidak ditemukan lokasi yang airnya relatif tenang. 
Peletakkan umpan di sungai jangan terlalu dangkal, akan tetapi buat umpan mencapai lokasi yang agak dalam atau dalam. Apabila air cukup bergelombang, maka ikan nila lebih suka di dasar sungai, sedangkan jika kondisi air cukup tenang makan ikan nila senang di lokasi yang tidak terlalu dalam. Ikan nila suka sembunyi di batang-batang dan daun tanaman air, sehingga meletakkan umpan di lokasi sekitar tanaman air ini cukup menghuntungkan bagi pemancing.  

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Tawes di Sungai

Ikan tawes sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ikan nila. Ikan tawes ini memiliki sifat suka bergerombol, dan gemar dengan lumut serta pelet . Perbedaannya adalah ikan tawes lebih suka dengan lokasi yang airnya bergerak bahkan deras.
Memancing ikan tawes di sungai pada musim panas juga kurang efektif dilakukan dengan lumut asli, sebab banyak terdapat lumut di dasar sungai. Apabila agan nekat memancing ikan tawes di musim, panas, maka sebaiknya gunakan pelet yang gurih seperti pelet pelet yang sangat recomended seperti produk OHF. Ada produk OHF yang khusus untuk memancing ikan-ikan di sungai yaitu Umpan Okyna Uceng dan pelat Hokyna Micro River Fish. Ada juga pelet coklat  Djoos.  Bisa Klik disini untuk melihat detilnya tentang umpan-umpan recomended tersebut.
Pada musim penghujan, ikan tawes mudah sekali dipancing pada waktu 2-3 hari pasca banjir, sebab pada masa banjir ikan tawes umumnya stress dan tidak mau makan, sehingga waktu 3 hari pasca banjir ikan tawes tersebut dalam kondisi puncak kelaparan dan sudah tidak stress. 
Apabila agan mendapati lokasi pinggiran sungai yang airnya agak tenang akan tetapi masih terdapat sedikit alirran air, agan bisa coba menggunakan bom umpan  Djoos.
Umpan yang baik digunakan untuk memancing ikan tawes ini adalah lumut, pelet, dan terkadang doyan dengan cacing merah. Akan tetapi memnacing dengan umpan cacing merah sulit mendapatkan ikan tawes banyak, akan tetapi akab banyak mendapatkan ikan keting / garitel. 
Ikan tawes ini banyak terdapat melayang di tengah dan mendasar di dasar sungai, sehingga agan dapat memancing ikan tawes di sungai dengan teknik lempar dimana umpan dan kail terletak di dasar sungai, atau memancing dengan tegek atau joran pole dengan menggantungkan umpan di tengah air sungai. 

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Betutu atau Kembo atau Bloso  di Sungai

Ikan betutu merupakan ikan pemangsa, sehingga memancing ikan betutu baik dilakukan dengan umpan amis-amisan seperti cacing merah, atau menggunakan Pelet udang.

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Lele  di Sungai

Ikan lele adalah ikan penggemar pelet amis dan ikan kanibal, sehingga penggunaan pelet amis seperti Pelet  Djoos  sangat tepat untuk memancing ikan lele di sungai. Umpan lain yang baik digunakan untuk memancing ikan lele ini adalah cacing merah. Cara memancing sebaiknya dilakukan dengan meletakkan umpan di dasar sungai, sebab ikan lele ini gemar mendekam di dasar sungai. Untuk mendapatkan umpan dan peralatan mancingnya dapat klik di sini gan.

 


Komentar

  1. Aku dah beli joran Orgeon eklusip senar orca egel kailnya yang biasa aja. makasih tipsnya bro. salam strek, mak nyoss

    BalasHapus
  2. om, kalau minta dikirim oregon jumlah agak banyak bisa ya om, teman aku pada pengen. Sudah ada zg beli atu, dipakenya enak dan kuat, murah lagi. mohon inpo om, mks.

    BalasHapus
  3. wah mantab gan info yang sangat bermanfaat buat ane dan teman teman ane yang menggantungkan hidup di dunia mancing, trims ya dan salam kenal

    BalasHapus
  4. Makasih ya atas informasinya .. karena dengan adanya informasi ini saya mendapatkan ilmu untuk macancing di sungai

    BalasHapus
  5. trimakasih gan atas info mancing nya. semoga besok bisa dapat banyak ikan.

    BalasHapus
  6. In addition in the case of whiskers, fish baung and catfish also a benthic fish that have similar physical and habits.
    http://www.suksestoto.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon maaf, berhubung banyak komentar-komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel, sepertio komentar agen perjudian, maka komentar akan kami saring dulu sebelum ditampilkan, demi kenyamanan pembaca semua. Terimakasih.